Dark/Light Mode

Bijak Bermedsos

Jumat, 21 Mei 2021 07:40 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

 Sebelumnya 
Oleh karena itu, ini saatnya pemerintah otoritas bersama dengan civil society melakukan kampanye literasi terhadap jenis-jenis informasi. Masyarakat harus ngeuh betapa begitu banyaknya sampah informasi yang hanya membuat kacau sistem berpikir dan merusak mood bersama sebagai sesama anak bangsa. Hoaks menjadi virus yang bisa membunuh kebersamaan, persatuan, dan kesatuan berbangsa dan bernegara dalam bingkai bhineka tunggal ika.

Baca juga : Kasus Kakap KPK

Langkah pemerintah membentuk Badan Siber Nasional dan satgas anti hoaks jangan sampai menjadi jongos pemerintah dalam memberangus kemerdekaan informasi dan sekaligus algojo bagi iklim kebebasan yang baik ini. Sejatinya, badan dan satgas ini menjadi kekuatan yang mencerdaskan masyarakat sekaligus melek informasi. Harus disiapkan informasi yang memudahkan masyarakat untuk bisa membedakan mana informasi valid dan hoaks.

Baca juga : Mencemasi KPK

Kita tidak bisa lari dari zaman, harus dihadapi, dijalani. Kita harus menjadi bangsa yang mampu menundukkan zaman, ya, kini zamannya revolusi teknologi informasi. Kita harus memegang kendali atas informasi, bukan malah menjadi korban kegilaan tsunami infomasi. Lengkapi diri dengan deteksi dini racun hoaks! (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.