Dark/Light Mode

Panas Peta Capres 2024

Senin, 24 Mei 2021 06:10 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Pilpres 2024 tiga tahun lagi. Peta siapa yang akan maju di perhelatan nasional demokrasi lima tahunan ini, sepertinya akan banyak pilihan. Tampaknya akan banyak nama baru di lantai bursa Calon Presiden.

Memang, nama-nama capres yang muncul via survei gaung popularitasnya belum begitu kuat. Masih fluktuatif. Apalagi bila diukur dengan tingkat kesukaan dan keterpilihan. Masih harus berjuang keras dan berharap keajaiban. Untuk memimpin sebuah bangsa seringkali banyak faktor tak terduga yang berasal dari kekuatan yang tidak terlihat (invisible hand).

Baca juga : Bijak Bermedsos

Kalau tidak ada kejutan atau sedikit keajaiban, maka pilihan politik di meja rakyat khawatirnya muka lama. Tidak mudah menyimpulkan siapa yang terbaik untuk Indonesia. Yang sudah jelas bisa dilihat hanya yang sekarang memimpin daerah. Kita bisa melakukan riset atas kinerja figur yang sekarang memimpin tapi bagi yang belum pernah berkuasa kita bisa mengukur dari rekam jejak, visi misi dan program.

Karena ada beberapa nama yang saat ini duduk di pemerintahan daerah, maka yang bisa kita lakukan memperbaiki kinerja dan seringkali menerjemahkan dengan baik harapan terdalam masyarakat. Bukan hanya sekedar lips service cerita kemajuan melainkan bukti nyata.

Baca juga : Kasus Kakap KPK

Untuk memberi penilaian terhadap pemerintah daerah sekarang, tidak harus dilakukan sekarang karena kebijakan dan programnya masih berlangsung dan dalam tahap implementasi. Demikian juga jadi belum akan tampak hasil langsung atau tidak langsung dari keputusan yang diambil oleh pemerintah saat ini.

Sebut saja contohnya dalam hal keputusan membangun infrastruktur di berbagai wilayahnya perlu waktu untuk menilai hasilnya setelah infrastruktur itu jadi karena seringkali dampak dan manfaatnya tidak secara konstan melainkan melalui proses panjang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.