Dark/Light Mode

Jangan Paksa Buka Sekolah

Sabtu, 8 Mei 2021 06:26 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 belum berakhir. Bahkan, di beberapa daerah, sejak sepekan terakhir terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 akibat banyak warga mengabaikan protokol kesehatan.

Dalam kondisi seperti ini, rencana pembukaan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai awal tahun ajaran mendatang mesti dikaji lagi secara cermat, berbahaya atau tidak.

Baca juga : Mudik Bisa Picu Ledakan Covid

PTM memang dibutuhkan karena pembelajaran jarak jauh berdampak buruk. Namun, PTM jangan dipaksakan ketika daya dukung belum siap. Karena bisa berakibat fatal.

Kalau dinas pendidikan, dinas kesehatan, sekolah, guru, orang tua dan siswa belum siap, PTM terbatas bisa memunculkan kluster sekolah.

Baca juga : Awas Covid-19 Meledak Lagi

Lebih berbahaya lagi, apabila tidak terkendali, kluster sekolah bisa meluas ke perumahan. Ini karena virus yang dibawa siswa atau guru akan menular ke keluarganya.

Oleh karena itu, kita wajib bertanya, siapkah dinas pendidikan, dinas kesehatan dan sekolah menyediakan masker untuk para siswa dan guru yang ikut PTM?

Baca juga : Rakyat Kecil Butuh Bansos

Siapkah dinas pendidikan dan sekolah menyiapkan sarana cuci tangan dan sabun?

Siapkah dinas pendidikan dan dinas perhubungan menyiapkan sarana transportasi yang aman Covid-19 bagi siswa?
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.