Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Atasi Ledakan Covid Di Kudus

Sabtu, 5 Juni 2021 07:19 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Hal serupa mesti dilakukan di Aceh dan Medan. Ini penting untuk menekan lonjakan angka kematian akibat Covid.

Kita berharap petinggi satgas Covid pusat, pejabat tinggi Kemenkes, Gubernur Jawa Tengah dan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah selama sepekan ke depan berkantor di Kudus untuk menyiapkan fasilitas kesehatan bagi penderita Covid-19 dengan gejala sedang dan berat.

Sudah saatnya dibatasi orang keluar masuk Kudus. Ini penting supaya ledakan Covid-19 tidak meluas ke wilayah sekitarnya.

Baca juga : Awas Covid Varian India

Kita juga berharap kegiatan vaksinasi di Kudus, Aceh dan Medan dikebut. Perlu diputuskan, penduduk di daerah tersebut, yang berusia 40 tahun ke atas secepatnya divaksinasi.

Hal serupa juga perlu diterapkan di kota-kota yang rawan Covid-19 atau masuk zona merah.

Ahli epidemiologi umumnya memprediksi, akibat libur Lebaran lalu dan masih banyaknya orang mudik, akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 akhir Juni ini atau awal Juli 2021.

Baca juga : Jangan Tutupi Data Covid-19

Oleh karena itu, untuk mencegah kemungkinan terjadinya ledakan Covid pasca libur Lebaran, satgas Covid dan otoritas kesehatan wajib mengingatkan kembali masyarakat soal pentingnya protokol kesehatan di semua bidang kehidupan.

Kemudian, untuk mengerem kenaikan angka kematian, semua daerah di Jawa, Bali dan Sumatera wajib menambah ruang rawat dan ruang ICU khusus Covid, minimal dua kali lipat dari kondisi saat ini.

Jadi, kalau protokol kesehatan diabaikan, fasilitas rumah sakit untuk penanganan Covid minim, maka begitu terjadi ledakan Covid, pasti timbul kepanikan-kepanikan.

Baca juga : Jangan Paksa Buka Sekolah

Sekali lagi, supaya ledakan Covid tidak meluas kemana-mana, satgas Covid dan dinas kesehatan jangan takut meningkatkan jumlah tes swab PCR minimal tiga kali lipat dari jumlah tes harian saat ini.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.