Dark/Light Mode

Atasi Ledakan Covid Di Kudus

Sabtu, 5 Juni 2021 07:19 WIB
ISWARA DARMAYANA
ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Hal serupa mesti dilakukan di Aceh dan Medan. Ini penting untuk menekan lonjakan angka kematian akibat Covid.

Kita berharap petinggi satgas Covid pusat, pejabat tinggi Kemenkes, Gubernur Jawa Tengah dan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah selama sepekan ke depan berkantor di Kudus untuk menyiapkan fasilitas kesehatan bagi penderita Covid-19 dengan gejala sedang dan berat.

Sudah saatnya dibatasi orang keluar masuk Kudus. Ini penting supaya ledakan Covid-19 tidak meluas ke wilayah sekitarnya.

Berita Terkait : Gerak Cepat Vaksinasi Lansia

Kita juga berharap kegiatan vaksinasi di Kudus, Aceh dan Medan dikebut. Perlu diputuskan, penduduk di daerah tersebut, yang berusia 40 tahun ke atas secepatnya divaksinasi.

Hal serupa juga perlu diterapkan di kota-kota yang rawan Covid-19 atau masuk zona merah.

Ahli epidemiologi umumnya memprediksi, akibat libur Lebaran lalu dan masih banyaknya orang mudik, akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 akhir Juni ini atau awal Juli 2021.

Berita Terkait : Awas Covid Varian India

Oleh karena itu, untuk mencegah kemungkinan terjadinya ledakan Covid pasca libur Lebaran, satgas Covid dan otoritas kesehatan wajib mengingatkan kembali masyarakat soal pentingnya protokol kesehatan di semua bidang kehidupan.

Kemudian, untuk mengerem kenaikan angka kematian, semua daerah di Jawa, Bali dan Sumatera wajib menambah ruang rawat dan ruang ICU khusus Covid, minimal dua kali lipat dari kondisi saat ini.

Jadi, kalau protokol kesehatan diabaikan, fasilitas rumah sakit untuk penanganan Covid minim, maka begitu terjadi ledakan Covid, pasti timbul kepanikan-kepanikan.

Berita Terkait : Jangan Tutupi Data Covid-19

Sekali lagi, supaya ledakan Covid tidak meluas kemana-mana, satgas Covid dan dinas kesehatan jangan takut meningkatkan jumlah tes swab PCR minimal tiga kali lipat dari jumlah tes harian saat ini.(*)