Dark/Light Mode

Reshuffle Hari Rabu?

Kamis, 26 Agustus 2021 07:19 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Siapa orang PAN yang masuk kabinet? Itu urusan internal PAN. Satu atau dua? Itu urusan Presiden. Hak prerogatif.

Di internal PAN sudah beredar nama-nama bakal calon. Ada dua yang santer. Satu anak muda. Satunya lagi, politisi senior PAN.

Sebelum pertemuan kemarin, Presiden Jokowi juga sudah bertemu Megawati dan Prabowo. Pertemuan Jokowi dengan Megawati berlangsung Rabu (18/8) pekan lalu bersamaan dengan purna pasukan paskibraka. Enam hari kemudian, Jokowi bertemu Prabowo saat meninjau vaksinasi di Kaltim.

Baca juga : KPK Dipukul 3-4 Kali

Lalu siapa yang akan diganti atau yang masuk kabinet? Salah satu yang masuk, kabarnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Begitu isunya. Pastinya, kita tunggu saja.

Sebenarnya, bagi rakyat isu reshuffle terlalu elitis. Hanya menyentuh kalangan atas pemerintahan. Kurang membumi.

Bagi rakyat, siapa pun yang jadi menteri, yang penting bisa benar-benar melanjutkan kerja untuk rakyat. Bukan untuk pribadi, kelompok atau oligarki.

Baca juga : Kaget PCR Dan Baju LV

Menteri baru, juga menteri lama, juga jangan terlalu sibuk main politik sehingga rakyat diduakan. Misalnya, nyambi untuk pilpres.

Dan biasanya, yang menggoda: korupsi. Jangan sampai jabatan terhormat ternoda oleh godaan-godaan yang menyesatkan. Apalagi, sekarang KPK sudah tidak seperti dulu. Tidak atau belum ada lagi “Jumat keramat”.

Jadi, diumumkan kapan? Rabukah? Bagi rakyat, diumumkan atau dilantik hari apa pun, yang penting hari esok harus lebih baik. Inilah reshuffle sejati: reshuffle untuk rakyat. Bukan untuk parpol atau siapa-siapa. Sederhana saja.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.