Dark/Light Mode

Rossi Pensiun, Kejayaan Yamaha Terancam Meredup

Selasa, 14 Desember 2021 06:36 WIB
Pembalap Valentino Rossi. (Foto : MotoGP)
Pembalap Valentino Rossi. (Foto : MotoGP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bicara tentang pebalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, maka tak lepas dari Yamaha. Rossi dan Yamaha adalah dua hal yang menyatu kemudian membuat gebrakan luar biasa di MotoGP.

Pensiunnya Rossi dari dunia balap MotorGP tentu sangat berdampak, terutama Yamaha. Bos Yamaha, Lin Jarvis menyatakan, pensiunnya Rossi menandai berakhirnya “era kejayaan” di dunia balap motor, khususnya bagi Yamaha.

Baca juga : Joss! Awal Pekan Rupiah Langsung Meroket

Menurutnya, berkat Rossi, Yamaha kembali menjadi sebuah pabrikan yang dianggap, brand pemenang dan pengaruh sangat kuat, yang sebelumnya tidak terlalu dianggap.

“Seperti orang lain, saya pikir ini adalah akhir dunia, akhir dari era yang gemilang. Dia adalah salah satu ikon olahraga unik yang muncul di setiap olahraga pada titik waktu tertentu, tapi selalu ada sebuah akhir untuk setiap ikon,” kata Jarvis kepada Moto Revue, sebagaimana dikutip Motorcycle Sports.

Baca juga : RPL, Solusi Peningkatan Kapasitas Penggiat Desa

Yamaha secara khusus memberikan penghargaan kepada Rossi di Italia, yakni di acara EICMA beberapa hari lalu. “Rossi menghabiskan enam belas musim bersama Yamaha. Kami memberikan penghormatan kepadanya di EICMA,” tutur pria Inggris itu.

Bersama Rossi, Yamaha kemudian tiba-tiba bangkit dan menjulang tinggi, menjadi pemimpin di era-era awal kelas utama dengan nama MotoGP.

Baca juga : Teken MoU Dengan Kadin, KPK Mau Bangun Dunia Usaha Tanpa Suap

“Dia adalah katalisator perubahan di Yamaha. Dia membawa kami kembali kemenangan di MotoGP dan itu juga memberi kami kembali kepercayaan diri bahwa sebagai perusahaan, dan dengan itu kami menyadari bahwa kami bisa menang lagi,” kata pimpinan pabrikan Iwata itu di Grand Prix ini.

Lanjutnya, Yamaha berutang banyak pada Rossi. “Itu adalah petualangan yang hebat, tapi sudah tiba waktunya baginya untuk melanjutkan ke babak kehidupan berikutnya,” katanya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.