Dark/Light Mode

Kejurnas Baseball Putri 2021, Wadah Unjuk Prestasi Atlet Daerah

Kamis, 16 Desember 2021 13:23 WIB
Tim Baseball Putri Provinsi Banten. (Dok. IST)
Tim Baseball Putri Provinsi Banten. (Dok. IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Enam klub yang mewakili enam provinsi meliputi DKI Jakarta, Banten, Lampung, Kalimantan Timur, Jawa Barat, dan Bali ambil bagian dalam Kejurnas (Kejuaraan Nasional) Baseball Putri 2021.

Kejurnas digelar untuk pencarian bakat dan potensi atlet-atlet baseball putri dari daerah yang bakal berkiprah di tingkat nasional.

Kejuaraan ini dilaksanakan pada Selasa (14/12/2021) hingga Minggu (19/12/2021) di Jakarta International Baseball, Rawamangun, Jakarta Timur.

Wakil Ketua Umum PB Perbasasi (Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia) Leo Agus Cahyono melihat potensi olahraga baseball putri Indonesia dapat ditingkatkan.

Hal ini mendorong Leo bersama jajaran PB Perbasasi berkeliling Indonesia untuk membentuk sentra-sentra baseball putri.

Baca juga : Bawaslu Sumsel Genjot Partisipasi Aktif Warga

Ia ingin menunjukkan bahwa olahraga baseball Indonesia terlepas dari isu gender, memiliki kemampuan yang sama.

“Saya ingin menunjukkan bahwa lapangan itu bukanlah kendala. Kalau kita tahu, sebenarnya sudut pandang perempuan Indonesia itu lebih luas dan kerja sama tim putri jauh lebih baik dibandingkan putra,” ujar Leo.

Pihaknya juga memaparkan bahwa terdapat banyak daerah yang memiliki potensi tinggi untuk menciptakan atlet putri berbakat.

“Saya lihat salah satu daerah dengan peminat yang tinggi dalam olahraga baseball adalah Kalimantan. Selain itu, mereka juga memiliki ketahanan fisik yang lebih baik,” jelas Leo.

Antusiasme atlet putri dalam olahraga ini menggerakkan Leo Agus untuk tetap optimistis mengembangkan baseball putri di Indonesia.

Baca juga : Pemerintah Komit Kembangkan Potensi Atlet Esports Nasional

Leo berharap olahraga baseball tidak hanya meningkatkan produktivitas perempuan di bidang olahraga, melainkan juga sebagai sarana untuk bersosialisasi.

Hal tersebut turut dirasakan oleh salah satu pemain baseball putri, Nadine Zahirah, perwakilan Provinsi Banten.

“Ikut olahraga ini jadi lebih kenal banyak teman, bisa tahu budaya orang yang berbeda-beda. Jadi bisa kenal dan belajar satu sama lain,” ungkap Nadine.

Tidak hanya Nadine, salah satu pemain perwakilan Provinsi Jawa Barat bernama Nessa juga mengungkapkan motivasi dan dampak yang dirasakan.

“Jadi nambah temen, karena kita beda usia dan sekolah. Selain itu dari dulu aku termotivasi banget untuk masuk ke tim Jawa Barat untuk mengharumkan nama Indonesia,” kata Nessa.

Baca juga : Kementan Tingkatkan Perdagangan Pertanian Dengan Serbia

Olahraga baseball saat ini tidak hanya mendapat minat yang tinggi dari atlet putri, namun juga mendapat dukungan dari banyak pihak yang terus meningkat.

Beberapa brand produk kecantikan memberikan dukungan bagi atlet putri melalui pemberian produk-produk bagi atlet baseball putri.

Sebagai olahraga yang sudah berkembang selama 68 tahun di Indonesia, tren olahraga baseball perempuan di Indonesia semakin meningkat.

Rentang usia pemain baseball perempuan di Indonesia dapat diikuti oleh usia dini, yaitu dimulai dari umur 4 tahun.

Sehingga olahraga baseball saat ini menjadi wadah bagi atlet terutama perempuan untuk menunjukkan kemampuannya. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.