Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Jelang Pelatnas , 10 Atlet Bulutangkis Jalani Serangkaian Tes

Selasa, 18 Januari 2022 14:05 WIB
Tampak atlet sedang menjalani test kesehatan sebelum menjalani latihan di Pelatnas Cipayung. (Foto: Dok. PP PBSI)
Tampak atlet sedang menjalani test kesehatan sebelum menjalani latihan di Pelatnas Cipayung. (Foto: Dok. PP PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai memenangkan ajang Seleksi Nasional PBSI tahun 2022 pekan lalu, sebanyak 16 atlet menjalani serangkaian tes pada hari Senin dan Selasa, 17-18 Januari di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur.

Alfito Yudanto dan kawan-kawan, mengikuti tes kesehatan, psikotes hingga tes fisik. Tes ini bertujuan untuk melihat potensi mereka secara nonteknis dan potensi cedera yang bisa saja menghambat perkembangan saat mulai berlatih bersama tim nasional.

Baca juga : KPK Buka Peluang Jerat Rahmat Effendi Jadi Tersangka Pencucian Uang

Kasubid Pengembangan Sport Science PBSI, Iwan Hermawan. mengatakan, pihaknya mau melihat potensi mereka, tidak hanya secara teknis tapi juga komponen-komponen pendukung seperti kesehatan, mental dan fisik.

"Kami juga ingin mengetahui apa mereka punya riwayat cedera atau tidak, ini menjadi penting karena atlet-atlet ini akan kami proyeksikan ke level internasional. Jangan sampai yang sering terjadi selama ini, sampai di sini ada cedera dan tidak bisa berprestasi lagi," ujar Iwan, Selasa (18/1).

Baca juga : Bank Mandiri Fasilitasi Modal-Transaksi Supplier Telkomsel

Iwan mengatakan data ini akan membantu tim pelatih untuk mengembangkan mereka sesuai dengan program-program menuju level internasional. Fisiknya seperti apa, mentalnya seperti apa, dan lain sebagainya.

Tes kesehatan meliputi tes pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan tanda-tanda vital dan tinggi-berat badan, rontgen, pemeriksaan postural, foot scan, dokter umum, EKG, gizi, dan beighton score test.

Baca juga : KPK Perpanjang Penahanan 2 Tersangka Korupsi Banjar

Sementara tes fisik meliputi functional movement screen, vertical jump, court agility, RAST test, dan multi stage fitness test (beep test). Iwan mengatakan hasil tes atlet-atlet ini berada di tahapan sedang hingga bagus. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.