Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pecat Angelo Alessio, Persija Tunjuk Sudirman Jadi Pelatih Kepala

Rabu, 19 Januari 2022 14:31 WIB
Angelo Alessio yang dipecat Persija. (Foto : Persija)
Angelo Alessio yang dipecat Persija. (Foto : Persija)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai memecat Angelo Alessio, Persija langsung menunjuk Sudirman untuk meneruskan tongkat estafet pelatih kepala dalam lanjutan BRI Liga 1 2021/2022.

Sosok yang sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih itu diplot sebagai pelatih pengganti.

Manajemen menilai sosok yang akrab disapa Coach Jend itu layak diberikan kesempatan di momen seperti ini. Coach Jend dianggap sudah mengetahui kondisi tim luar dalam sehingga tak sulit untuk beradaptasi. 

Terlebih lagi, dirinya sudah menancapkan prestasi gemilang untuk Tim Ibu Kota. Coach Jend membawa Macan Kemayoran meraih gelar Piala Menpora 2021. Kala itu, pelatih berusia 52 tahun tersebut sempat dikritik di awal turnamen. Namun, akhirnya dia lah yang berhasil membawa Persija meraih trofi.

Baca juga : Usai Bekuk Borneo, Persib Liburkan Pemainnya 2 Hari

Di sisi lain, lisensi A AFC yang dikantongi Coach Jend saat ini tak menjadi masalah untuk mengarsiteki tim karena sudah sesuai regulasi. Atas dasar itulah Presiden Klub Persija, Mohamad Prapanca, mempercayakan kembali tim kepada Sudirman. 

“Setelah melewati berbagai diskusi dan mempertimbangkan segala hal, kami memutuskan untuk kembali mempercayakan kendali tim utama kepada Coach Sudirman dalam mengarungi lanjutan BRI Liga 1 musim ini. Coach Jend tentu sudah sangat memahami karakter seluruh pemain, sehingga tidak memerlukan waktu lagi untuk beradaptasi. Kami berharap ia dapat mengangkat performa Persija menjadi lebih baik,” kata Mohamad Prapanca dilansir laman resmi Persija, Rabu (19/1).

Sementara itu, Coach Jend, mengaku siap menerima tanggung jawab yang diberikan. Ia bertekad membawa Persija ke trek yang seharusnya.

“Momen ini bukan lah yang pertama bagi saya. Sebelumnya saya sudah pernah melanjutkan tanggung jawab seperti ini. Yang jelas, sekarang semua elemen tim harus saling menopang agar tim tetap kuat,” tuturnya.

Baca juga : Dentsu Indonesia Tunjuk Prakash Kamdar Jadi CEO Baru

“Pekerjaan kami memang tidak mudah. Kami sadar bahwa performa kami masih jauh dari kata maksimal. Jadi tugas saya adalah memimpin tim agar kembali bisa bersaing ke papan atas,” ucap Coach Jend melanjutkan.

Manajemen dan Angelo sepakat untuk mengakhiri kerja sama menjelang pekan ke-21. Performa tim yang tak kunjung meningkat meski sudah kedatangan pemain baru berkualitas menjadi alasannya.

Setelah mengoleksi 25 poin di putaran pertama dari enam kemenangan, tujuh hasil seri, dan empat kekalahan, Persija hanya menambah empat poin dari tiga laga awal putaran kedua. Diawali dengan kemenangan 2-1 atas PSIS (6/1/2022), kemudian takluk 1-2 dari Persipura (11/1/2022) dan imbang 1-1 dengan Persela (15/1/2022). 

Kendati demikian, Presiden Klub Persija, Mohamad Prapanca, mengucapkan terima kasih kepada Angelo. Sebab, dia berani berjuang bersama-sama dengan memberikan kesempatan kepada para pemain akademi Persija untuk ambil bagian di Liga 1 musim ini. Alhasil, para pemain muda semakin matang dan sebagian sudah siap menjadi andalan. 

Baca juga : Persib Tumbang, Arema FC Puncaki Klasemen

“Keputusan ini diambil murni karena alasan profesional. Persija memerlukan perubahan, dan ini adalah salah satu bagian yang harus dilewati untuk mengubah Persija ke arah yang lebih baik. Terlepas dari hasil yang memang tidak memuaskan, kami juga ingin berterima kasih kepada Angelo Alessio karena berani memberikan kesempatan kepada para pemain muda Persija untuk mencicipi atmosfer Liga 1. Hal tersebut akan menjadi pondasi Persija dalam membangun tim di masa depan. Kami juga mendoakan Angelo untuk sukses dalam kariernya kedepan.” ucap Prapanca

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.