Dark/Light Mode

Siapkan Olimpiade Paris, PBSI Panggil 88 Atlet Jalani Pelatnas Bulutangkis

Jumat, 28 Januari 2022 17:13 WIB
Jonathan Chritie. (Foto: PP PBSI)
Jonathan Chritie. (Foto: PP PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melalui Surat Keputusan nomor SKEP/007/1.3/2022 tertanggal 24 Januari 2022 yang ditandatangani Ketum Agung Firman Sampurna dan Sekretaris Jenderal Moh. Fadil Imran, PP PBSI memanggil 88 atlet untuk mengikuti pelatihan nasional (pelatnas) bulutangkis tahun 2022.

Sebanyak 88 atlet ini terdiri dari atlet yang sudah bergabung di tahun sebelumnya ditambah atlet baru yang lolos lewat jalur seleksi nasional ataupun jalur pemantauan prestasi.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, menjabarkan alasan kenapa pemanggilan atlet pelatnas tahun ini baru rampung di akhir bulan Januari.

Baca juga : Siapkan Tower, Pangdam Jaya Waswas Omicron Melonjak

"SK pemanggilan ini bukan lambat tapi memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang rangkaian tesnya dilakukan setelah SK keluar," ujar Rionny.

Rionny mengatakan bahwa semuanya sudah melalui penilaian yang sesuai dengan kriteria dan parameter yang ditetapkan Pelatnas PBSI.

"Ada beberapa atlet yang kami pulangkan ke klub setelah dua tahun terakhir ini tidak memenuhi standar parameter performa yang kami berikan," ujar Rionny.

Baca juga : Mantap, Iran Tim Pertama Yang Segel Tiket Piala Dunia Qatar

Rionny mengatakan raihan prestasi yang belum sesuai target dibandingkan kesempatan dan durasi mereka di pelatnas. Juga ada faktor lain seperti performa dan kemauan.

"Selain itu ada atlet yang mengundurkan diri. Parameternya jelas seperti prestasi, usia, durasi di pelatnas hingga karakter," ujar Rionny.

Pihaknya berterima kasih kepada mereka atas prestasi yang telah mereka berikan selama di pelatnas PBSI. "Kami harap mereka semua bisa terus berjuang untuk berprestasi walau berkarir di luar pelatnas," ujar Rionny. 

Baca juga : Berkas Perkara Dilimpahkan, PT Merial Esa Segera Jalani Persidangan

Selain atlet, PBSI juga memanggil 21 pelatih untuk bergabung di pelatnas, yang terdiri dari 17 pelatih teknik dan 4 pelatih fisik. Pemanggilan ini tertuang dalam Surat Keputusan nomor SKEP/008/1.3./2022 tertanggal 24 Januari 2022.

Terdapat beberapa perubahan dalam susunan pelatih pelatnas tahun 2022 ini. Hendry Saputra Ho dan Chafidz Yusuf dipastikan tidak lagi bergabung. Sementara Richard Mainaky dan Ricky Susiono mundur karena alasan pribadi.

Di 2022 ini, Rionny menegaskan bahwa pelatnas PBSI akan memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda untuk menunjukkan taji dan performa sebagai bagianrbagianegenerasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.