Dark/Light Mode

Usung Tema Untuk Negeri Menembus Panggung Dunia

HUT Ke-70, NOC Indonesia Gelar Weekend Gateway

Sabtu, 12 Maret 2022 09:35 WIB
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: Dok. NOC Indonesia)
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: Dok. NOC Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Ulang Tahun ke-70 dimaknai mendalam oleh Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). Lembaga Non-pemerintah pimpinan Raja Sapta Oktohari ini bakal menggelar NOC Indonesia Weekend Gateaway di Jetski Indonesia Academy, Ancol, Jakarta, Sabtu (12/3).

Okto, sapaan Raja Sapta, mengatakan acara yang mengusung tema “NOC Indonesia untuk Negeri Menembus Panggung Dunia” akan dihadiri 64 anggota federasi olahraga nasional dan satu anggota luar biasa. Sekaligus menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi informal selepas Rapat Anggota 2022 yang digelar 8 Maret lalu.

“Ulang tahun NOC Indonesia sebenarnya diperingati 11 Maret, tetapi kami rayakan besok pada 12 Maret bersama para anggota NOC Indonesia sekaligus memperkuat sinergi,” kata Okto, Jumat (11/3).

Baca juga : BNI Tokyo Komitmen Kembangkan Bisnis UMKM Indonesia Di Jepang

“Kami berharap pada umur Komite Olimpiade Indonesia ke-70 tahun ini, kami para pengurus dapat membawa kejayaan olahraga Indonesia di pentas dunia sebagaimana tema kami, yakni NOC Indonesia untuk Negeri Menembus Panggung Dunia," ujar Okto.

Perayaan ulang tahun NOC Indonesia menjadi peringatan Komite Olimpiade Indonesia mendapat pengakuan resmi dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) melalui surat yang ditandatangani Kanselir IOC Otto Mayer pada 11 Maret 1952.

Mayer menyebut IOC mengakui Komite Olimpiade Indonesia sebagai National Olympic Committee di Indonesia dan panitia penyelenggara Olimpiade Helsinki untuk mengirim surat undangan resmi partisipasi pada Indonesia.

Baca juga : NOC Indonesia Gercep Wujudkan ANOC World Beach Games 2023

Surat ini merupakan balasan setelah NOC Indonesia mengirimkan korespondensi dengan IOC dan menyatakan telah memiliki statuta yang sesuai dengan dasar yang tertuang dalam Olympic Charter.

NOC Indonesia juga mendapat banjir apresiasi atas peringatan ulang tahun ke-70 dari Komite Olimpiade Nasional (NOC) lain serta Federasi Internasional.

Di antaranya NOC Filipina, Federasi Senam Internasional (FIG), International Esports Federation (IESF), serta Federasi Teqball Internasional (FITEQ).

Baca juga : Indonesian Day Obati Kerinduan Diaspora Indonesia Di Belanda

“Selamat berbahagia untuk NOC Indonesia, saudara saya Raja Sapta Oktohari dan jajaran atas perayaan ulang tahun ke-70,” ujar Presiden.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.