Dark/Light Mode

Liga 1 Indonesia

Persebaya Vs Barito Putera, Waspada Serangan Balik

Senin, 14 Maret 2022 11:34 WIB
Para pemain Persebaya di ajang Liga 1. (Foto : LIB)
Para pemain Persebaya di ajang Liga 1. (Foto : LIB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, Senin (14/3) pukul 20.30 WIB, Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso mewaspadai Barito Putera yang makin menunjukkan konsistensi meraih kemenangan saat kedua tim bersua pada pekan 31 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Menurut Aji, materi pemain yang dimiliki tim asal Banjarmasin itu cukup bagus. Ditunjang dengan kehadiran pelatih sarat pengalaman, Rahmad Darmawan sebagai nakhoda tim sehingga secara kualitas tim, Barito Putera tidak dapat dipandang sebelah mata.

“Meskipun kami di papan atas dan kebetulan Barito (Putera) masih berjuang untuk bisa lolos dari degradasi. Menurut saya tidak akan mudah mendapatkan poin dari Barito,” ujar mantan pelatih Persela Lamongan itu.

“Barito salah satu tim bagus, memang saat ini mereka di papan bawah. Tapi kalau melihat materi pemain dan kualitas Coach RD, kami patut mewaspadai kekuatan Barito,” sambungnya.

Aji Santoso mengatakan secara umum persiapan tim cukup bagus menghadapi Barito Putera. Hanya saja tim berjuluk Bajul Ijo itu dipastikan tidak akan diperkuat Ricky Kambuaya yang tengah dalam pemulihan cedera.

Tanpa kehadiran Ricky Kambuaya di starting line up tim, ia memastikan komposisi pemain tidak akan banyak terganggu. Karena masih ada beberapa pemain lain yang bisa mengisi pos yang ditinggalkan.

“Alhamdulillah persiapan kami sudah berjalan lancar. Semua pemain sudah siap untuk bermain, kecuali Ricky Kambuaya. Saya pastikan tidak ada dalam line up, untuk pemain-pemain lain semua dalam kondisi yang siap," jelasnya.

 Sementara iitu, pelatih PS Barito Putera, Rahmad Darmawan juga mewaspadai lini serang Persebaya Surabaya yang menjadi tim paling produktif di BRI Liga 1 2021/2022.

Ia menilai sebagai sebuah tim, Persebaya Surabaya merupakan sebuah tim yang cukup solid. Karena ketika dalam situasi deadlock, Persebaya Surabaya memiliki banyak variasi serangan dengan kemampuan individu pemain yang cukup bagus.

Namun Rahmad Darmawan mengaku sudah memiliki strategi guna mengantisipasi permainan Persebaya Surabaya. Ia meminta Bayu Pradana dkk memberikan penampilan terbaiknya di atas lapangan.

“Mereka punya banyak kelebihan dalam beberapa situasi mampu membuat serangan bervariasi. Karena mereka memiliki pemain yang komplet dalam melakukan serangan dengan baik,” jelas mantan pelatih Madura United FC itu.

“Dengan bukti yang jelas, butuh dari pemain kita antisipasinya seperti apa. Tapi semua strategi tidak akan berjalan efektif tanpa motivasi, kerja keras, dan keinginan pemain,” sambungnya.

Selain itu Rahmad Darmawan juga fokus mengembalikan kondisi mental pemain usai melalui empat laga terakhir tanpa kemenangan.

“Kita mengingatkan pemain untuk sisi mentalitas harus lebih baik lagi. Semangat juang harus digelorakan sampai 90 menit atau sampai peluit akhir wasit dibunyikan. Saya harus bisa mengembalikan mentalitas pemain,” tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Lainnya