Dark/Light Mode

MotoGP

Marquez Lewatkan Momen Mandalika

Senin, 21 Maret 2022 07:00 WIB
Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa).
Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa).

RM.id  Rakyat Merdeka - HASIL pahit harus ditelan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez pada MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, NTB, kemarin. Pebalap asal Spanyol itu mengalami kecelakaan saat sesi latihan atau beberapa jam sebelum balapan dimulai.

Manajer Repsol Honda Alberto Puig mengungkapkan bahwa kondisi badan yang tidak fit membuat Marquez terpaksa melewatkan kesempatan untuk tampil di Mandalika.

Bahkan, Marquez sempat dilarikan ke rumah sakit di wilayah Mataram. Tak lama kemudian, Marquez kembali ke sirkuit. Namun, terlihat ada perban di tangan kanannya.

“Seperti yang kita tahu, akhir pekan ini Marquez sudah tiga kali jatuh dan yang terakhir cukup parah. Bukan ide yang baik untuk ikut balapan. Jadi, kami akan lewatkan GP Indonesia,” jelas Puig.

Baca juga : Semangat Melesat Dari Mandalika

Oleh karena itu, Marquez akan segera kembali ke Barcelona, Spanyol. Pebalap itu akan menjalani pemeriksaan khusus. “Semoga ada kabar baik dalam waktu 24 jam ke depan,” imbuhnya.

Puig memastikan bahwa Marquez tidak mengalami patah tulang. Akan tetapi, kecelakaan terakhir yang dialami juara MotoGP enam kali itu tidak membuat nyaman untuk menunggangi RC213V.

Sebelumnya, Marquez harus menjalani pemeriksaan medis di rumah sakit setelah mengalami kecelakaan di sesi pemanasan jelang Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB.

Marquez mengalami highside hingga terpelanting dari motornya di Tikungan 7. Motor RC213V sang pebalap pun rusak parah akibat benturan dalam kecepatan yang cukup tinggi di tikungan yang mengalir itu.

Baca juga : Sandiaga: Usai MotoGP, Wisata Mandalika Kudu Terdongkrak

Pebalap Spanyol itu dapat berdiri dan berjalan setelah kecelakaan itu, namun harus menjalani pemeriksaan medis di paddock sebelum dibawa medical officer ke rumah sakit.

“Pebalap MotoGP #93 Marc Marquez dibawa ke rumah sakit untuk check-up,” ungkap keterangan tim medis MotoGP.

Tim Repsol Honda menambahkan, “Setelah terjatuh, Marc Marquez telah dibawa ke rumah sakit Mataram untuk pengecekan lebih lanjut,” ujarnya.

Marquez sebelumnya juga dua kali mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi pertama (Q1) saat ia berupaya mendorong motornya demi mendapatkan lap terbaik. Setelah beberapa kali slide, Marquez mengalami lowside dan terjatuh di Tikungan 13 ketika tersisa waktu lima menit sebelum bergegas kembali ke garasi untuk berganti motor dan kembali ke trek.

Baca juga : Balapan MotoGP Ditunda Sejam, Marquez Absen Balapan

Di upaya terakhirnya, Marquez berupaya mendorong keras namun ia kembali terjatuh karena lowside lagi, kali ini di Tikungan 12, dan meluapkan amarahnya di atas gravel.

Apabila dinyatakan fit untuk balapan, Marquez akan start dari P14, atau naik satu posisi menyusul penalti yang diberikan kepada Franco Morbidelli yang kedapatan melanggar prosedur latihan start saat FP3. [JON]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.