Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Frets Butuan Paling Joss, Ini 4 Pemain Persib yang Belum Pernah Turun

Senin, 4 April 2022 16:12 WIB
Pemain Persib, Frets Listanto Butuan. (Foto : Persib)
Pemain Persib, Frets Listanto Butuan. (Foto : Persib)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persib Bandung menutup Liga 1 dengan raihan runner up. Dari 34 laga yang dilakoni, Frets Listanto Butuan menjadi pemain yang paling banyak turun. Sebaliknya, ada 4 pemain di Persib yang belum mendapat jatah turun di lapangan.

Sepanjang Liga 1 2021/2022, Frets Butuan tampil sebanyak 33 dari 34 pertandingan yang dimainkan Pangeran Biru.

Ia menjadikan satu-satunya pemain Persib yang tampil dalam 33 pertandingan. Meskipun menjadi satu-satunya yang bermain dalam 33 laga bersama Maung Bandung, pemain bernomor punggung 21 tersebut baru tampil selama 1.744 menit.

Baca juga : Menteri Suharso Sedang Urus Cerai

Selama itu, Frets menyumbangkan tiga gol dan koleksi dua kartu kuning. Ia tampil 19 kali sebagai starter, 14 kali masuk sebagai pemain pengganti, dan 12 kali ditarik ke luar lapangan. Hanya tujuh pertandingan yang dimainkannya sejak menit awal hingga usai.

Sejak bergabung dengan Persib pada Liga 1 2019, musim ini adalah yang terbanyak Frets tampil. Musim pertamanya, ia hanya tampil 945 menit dari 16 laga dengan torehan tiga gol. Sementara musim kedua, hanya tiga laga dengan lama bermain sebanyak 114 menit.

Penampilannya tersebut mengungguli Nick Kuipers dengan 31 penampulan, Febri Hariyadi 30 laga, kemudian Marc Klok dan Mohammed Rashid yang tampil 27 pertandingan

Baca juga : Forum B20 Pasang PLTS Di 10 Desa Binaan Pertamina

Sementara itu, persaingan ketat antarlini membuat tidak semua pemain merasakan menit bermain. Ada empat pemain yang tak mendapatkan kesempatan tampil hingga laga pamungkas.

Keempat pemain tersebut adalah Puja Abdilah, Aqil Savik, Dimas Julio Pamungkas, dan Ferdiansyah. Berbagai pertimbangan membuat mereka tak meraih kesempatan unjuk gigi di musim ini.

Ketatnya persaingan antar lini membuat peluang main sangat sulit. Perlu kerja ekstra keras guna mendapatkan kepercayaan dari pelatih untuk bermain sejak menit awal, atau pengganti di babak kedua.

Baca juga : Ini 4 Pemain Inti Persib Yang Absen Di Laga Lawan Persik

Puja misalnya. Pada musim ini dia harus bersaing dengan pemain-pemain yang sudah punya nama dan pengalaman seperti Ezra Walian, Febri Hariyadi, Frets Butuan, Esteban Vizcarra, dan sosok baru Bruno Cantanhede. Namun bukan tidak mungkin, kesempatan itu akan didapatkan di musim mendatang.

Sama halnya dengan Aqil Savik, ia harus bersaing dengan para seniornya, I Made Wirawan, Muhammad Natshir, dan Teja Paku Alam. Penjaga gawang jebolan Diklat PERSIB ini pun punya kesempatan tampil. Sayang cedera membuatnya harus pulang lebih cepat ke Bandung dan tak bisa menyelesaikan seri lima bersama pemain lainnya.

Sementara dua pemain muda, Dimas dan Ferdiansyah, mereka pun harus berkemas lebih cepat dari Bali meninggalkan skuad Pangeran Biru. Keduanya mendapat panggilan Tim Nasional U-19 Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan di Korea Selatan. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.