Dark/Light Mode

Copa America 2019

Chili Vs Peru, Menjemput Hattrick

Rabu, 3 Juli 2019 16:02 WIB
Ekspresi kemenangan para pemain Chili setelah menang adu penalti lawan Uruguay di perempatfinal Copa America 2019. (Foto : twitter@Copaamerica)
Ekspresi kemenangan para pemain Chili setelah menang adu penalti lawan Uruguay di perempatfinal Copa America 2019. (Foto : twitter@Copaamerica)

RM.id  Rakyat Merdeka - Chili memastikan lolos ke semifinal untuk ketiga kalinya secara beruntun di ajang Copa America. Peru bisa jadi bantu sandungan Chili pada semifinal Copa America 2019 yang akan digelar Kamis (4/7) pagi WIB.

Chili sukses mengalahkan Jepang dan Ekuador. Tetapi kalah 0-1 di laga terakhir lawan Uruguay. Sementara sang rival, Peru, secara dramatis menyingkirkan unggulan kompetisi, Uruguay lewat babak adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol di waktu normal.

La Rojiblanca lolos ke babak perempat final hanya sebagai peringkat tiga terbaik bersama Paraguay. “Saya menyelamatkan karakter tim untuk menghadapi komitmen semacam ini. Laga seperti ini membantu Anda bangkit dan mulai mencapai level Anda. Kami mampu menghadapi pertandingan semacam ini. Saya percaya pada kondisi semua orang yang membentuk tim nasional ini,” ucap Ricardo Gareca.

Baca juga : Dihajar Brasil, Messi..Oh..Messi

Duel ini akan menjadi ulangan babak semifinal Copa America 2015 silam. Kala itu, ChiIi yang keluar sebagai juara turnamen setelah mengalahkan Peru dengan skor 2-1 berkat dua gol Eduardo Vargas dan satu kartu merah pemain Peru, Carlos Zambrano.

Menilik performa tim arahan Reinaldo Rueda ini, berhasil hanya kalah 1 kali dari enam pertandingan terakhir. Alexis San chez dan kawan-kawan meraih tiga kemenangan, dua hasil imbang serta menelan satu kekalahan kontra Uruguay (25/6).

Peru asuhan Ricardo Gareca hanya meraih satu kemenangan dari enam pertandingan terakhir saat di fase grup kontra Bolivia (19/6). Akan tetapi ini merupakan kelolosan ketiga Paolo Guerrero dan kawan-kawan ke babak semifinal kompetisi tertinggi antar negara Amerika Selatan ini dalam empat edisi terakhir.

Baca juga : Mali dan Tunisia Buka Asa Menuju Juara

Diprediksi, juara bertahan Chili akan mendominasi jalannya pertandingan sejak awal laga. Menilik catatan lima duel terakhir, La Roja sangat diunggulkan melangkah ke babak final dengan 4 kemenangan dan hanya sekali kalah dari Peru. Tetapi kekalahan tersebut hadir pada duel terakhir pada Oktober 2018 kala Peru menang dengan skor telak 3-0.

Pemain tengah Chili, Arturo Vidal menegaskan juara bertahan Copa America itu kini turun dengan misi menciptakan sejarah. Juara 2015 dan 2016 itu ingin menjadi tim kedua yang menjuarai trofi tersebut tiga kali berturut-turut setelah Argentina pada 1945-1947.

“Kami ingin mencapai sebagai juara tiga kali, itu impian kami,” ujarnya. “Itu sebabnya kami akan melkukan aksi yang terbaik menentang Peru,” kata pemain tengah Barcelona itu yang menjadi tonggak kejayaan ChiIi pada dua event Copa Amerika sebelumnya.  [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.