Dark/Light Mode

Tos-tosan Lawan Malaysia, Ronaldo Cs Bawa Pulang Perunggu SEA Games

Minggu, 22 Mei 2022 18:38 WIB
Pencetak gol Indonesia, Ronaldo Kwateh. (Foto : NOC)
Pencetak gol Indonesia, Ronaldo Kwateh. (Foto : NOC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas U-23 Indonesia akhirnya meraih medali perunggu cabang olahraga sepakbola putra SEA Games 2021 Vietnam usai menang melawan Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga, Minggu (22/5).

Timnas U-23 menang melalui drama adu penalti dengan skor 4-3 setelah keduanya meraih skor imbang 1-1 selama 90 menit dalam laga di My Dinh National Stadium.

Sejak menit-menit awal, kedua tim bermain dalam tempo tinggi. Duel berjalan cukup alot yang memaksa banyak terjadinya pelanggaran. Malaysia sempat membuka peluang emas lewat tendangan bebas di menit 29. 

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap skor kaca mata dengan Malaysia.

Baca juga : Gagal Di Beregu, Chico Cs Incar Emas Perorangan SEA Games

Memasuki babak kedua, Malaysia langsung berinisiatif  lakukan serangan. Harimau Malaya hampir saja meraih gol lebih dulu di menit 46, namun bola masih membentur mistar gawang.

Tiga menit berselang, Indonesia kembali tertekan. Lagi-lagi, skuad Garuda diuntungkan dengan penyelesaian akhir lawan yang buruk.

Pasukan Shin Tae-yong mendapatkan peluang emas lewat aksi individu Ernando kembali diuji di menit 64. Dia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan pemain Malaysia yang lepas dari kawalan. Kembali Ernando melakukan penyelamatan gemilang.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga di menit ke 68. Ronaldo Kwateh mengoyak jala Malaysia lewat sepakan terukur dari dalam kotak penalti. Skor 1-0 untuk tim Merah Putih.

Baca juga : Salip Malaysia, Tim Indonesia Rangking 2 Di Klasemen Sementara SEA Games

Indonesia yang kerap tertekan akhirnya kebobolan di menit 80. Muhammad Hadi Fayyadh mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah tembakannya membentur badan Rizky Ridho yang membelokkan arah bola.

Skor menjadi imbang 1-1. Ternyata, tak ada gol tambahan tercipta hingga laga bubar. 

Pertandingan pun berlanjut ke babak adu penalti. Dari lima penendang Indonesia, hanya Asnawi Maangkualam yang gagal. Sisanya yakni Muhammad Ridwan, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani, dan Marc Klok bisa menuntaskan tugasnya dengan sempurna.

Sementara, dua penendang Malaysia, Muhammad Hadi Fayyadh bin Abdul Razak dan Luqman Hakim bin Shamsudin bisa dihalau Ernando.

Baca juga : Iwan Bule Minta Garuda Muda Bawa Emas SEA Games Vietnam

Indonesia pun menang 4-3 atas Malaysia dan berhak meraih medali perunggu.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.