Dark/Light Mode

Terus Gelar Event, FBAI Cetak Atlet Beladiri Handal

Kamis, 16 Juni 2022 12:18 WIB
Ketua Umum Federasi Beladiri Amatir Indonesia Ki Kusumo (kedua kanan). (Foto: Istinewa)
Ketua Umum Federasi Beladiri Amatir Indonesia Ki Kusumo (kedua kanan). (Foto: Istinewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajang beladiri semakin menarik peminat para masyarakat, ditambah semakin banyaknya potensi penggemar hobi beladiri yang mulai bermunculan.

Ki Kusumo sebagai Ketua Umum Federasi Beladiri Amatir Indonesia (FBAI) mulai mensosialisasikan cabang olahraga ini.

FBAI merupakan wadah untuk menaungi sekaligus rumah bagi para petarung-petarung amatir MMA yang memiliki hobi serta minat serta antusisas yang tinggi terhadap beladiri, untuk berlaga di tingkat nasional bahkan hingga internasional.

Baca juga : KPK Terus Telusuri Aset Bupati Puput Tantriana Sari

"Sebenernya banyak bibit-bibit petarung handal di indonesia, tapi mereka bisa bisa bertarung tapi belum bisa berprestasi. Secara teknis mereka menguasai seni beladiri masing masing seusai versinya, " ujar Ki Kusumo, Rabu (15/6)

Menurutnya hal inilah yang menjadi tujuan kita untuk mengumpulkan mereka, kita didik, kita latih, kita bina untuk menjadi petarung handal dan bisa berprestasi ke depan.

Ki Kusumo menambahkan FBAI ini juga merupakan wadah bagi para penggemar seni beladiri dari berbagai macam campuran seni beladiri di indonesia yang dikumpulkan menjadi 1 tempat.

Baca juga : UI Gelar Penelitian Rumah Tahan Gempa Berbasis Kearifan Lokal Di NTB

Sehingga dari gabungan inilah menjadikan sebuah olahraga yang disebut Mix Martial Art. FBAI sendiri sudah berdiri sejak 2 tahun yang lalu. Namun, sempat terhambat untuk sosialisasinya karena efek dari pandemi.

Event yang terakhir adalah dalam SEA GAMES yang berhasil menyabet 3 emas dalam pertandingan tersebut. Selama masa pandemi, para petarung mejalani latihan secara Desentralisasi di daerahnya masing-masing sesuai himbauan dari pemerintah.

Saat ini para pengurus sedang mengajukan ke KONI pusat untuk mengadakan POKJA untuk menyaring lagi para petarung-petarung yang memiliki potensi untuk bisa menjadi atlet berprestasi.

Baca juga : Beras Selalu Surplus, Pengamat Puji Rintisan Amran Sulaiman

"Kita sedang mngusulkan ke KONI Pusat untuk mengadakan POKJA di setiap wilayah. Inilah yang kan menjadi Cikal Bakal atlet berprestasu, ujar Surya Saputra pngurus Bidang Organisasi FBAI.

Hingga saat ini, sudah ada 30 provinsi yang berpartisipasi dalam olahraga seni beladiri ini. Dari sini kita bisa melihat semangatnya yang luar biasa Ki Kusumo menyebutkan Indonesia ini adalah gudangnya petarung-petarung beladiri handal. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.