Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gencarkan Pengolahan Daging Sapi Berkualitas, GPW Gelar Jakarta Butcher Challenge

Jumat, 17 Juni 2022 10:33 WIB
Para peserta Jakarta Butcher Challenge
Para peserta Jakarta Butcher Challenge

RM.id  Rakyat Merdeka - Tren gaya hidup masyarakat perkotaan terus berkembang, terutama soal selera makanan. Bila sebelumnya, coffee culture menjadi tren gaya hidup masyarakat, kini beef culture atau konsumsi daging berkualitas jadi tren di kalangan masyarakat perkotaan. 

Hal ini terlihat dari permintaan daging sapi berkualitas di Indonesia yang terus meningkat, serta semakin menjamurnya pelaku usaha yang berfokus pada olahan daging sapi, baik di retail/reseller maupun food services (hotel, restoran, cafe, dan supermarket).

Seperti halnya barista di dunia kopi, profesi butcher di dunia olahan daging sapi dapat menjadi sebuah profesi masa depan yang menjanjikan, baik bagi kaum laki-laki ataupun perempuan.

Apalagi diiringi dengan semakin tingginya perhatian masyarakat perkotaan untuk memperoleh daging sapi yang tidak hanya lezat, tapi juga sehat dan berkelanjutan.

Baca juga : Serukan Perdamaian, Cak Imin Gandeng Mufti Rusia Gelar Tabligh Akbar

Melihat fenomena itu, salah satu perusahaan importir dan distributor daging sapi dan domba PT Global Pratama Wijaya (GPW) meluncurkan Program Meatcopedia, sebuah platform untuk memperkenalkan variasi potongan daging sapi, khususnya, bagian secondary cuts.

Mereka mendorong kreasi olahan makanan dari berbagai jenis potongan tersebut sehingga dapat memaksimalkan penggunaan bagian potongan daging sapi yang selama ini kurang populer.

“Kami ingin masyarakat Indonesia semakin kenal dan paham, bahwa daging sapi bukan hanya terdiri dari prime cuts, tapi juga ada bagian secondary cuts yang dapat diolah menjadi sajian lezat, berkualitas, dan bergizi," ujar Direktur PT Global Pratama Wijaya, Dian Paramita, Jumat (17/6).

Dia mengklaim, program Meatcopedia juga mengusung semangat sustainability. Melalui kampanye "No Waste, Good Taste" diharapkan setiap potongan daging sapi tidak disia-siakan. Secara tidak langsung, hal ini mendukung cita-cita Sustainable Development Goals, khususnya Goal 2-Zero Hunger.

Baca juga : Gus Halim: Kian Bagus Kinerja Pendamping Desa, Kian Berkualitas Perencanaan Desa

Sejak pertama kali diluncurkan, program Meatcopedia dari GPW telah melaksanakan sejumlah kegiatan, termasuk memperkenalkan dan mempromosikan secondary cuts ke berbagai restoran, hotel, kafe, dan supermarket.

Selain itu, selama pandemi GPW juga konsisten melaksanakan online butchery training. GPW melihat keahlian dan kreativitas para butcher akan memainkan peranan penting di era beef culture, sebagaimana barista di dunia coffee culture.

Untuk itu, GPW menggelar Jakarta Butchers’ Challenge pertama di Indonesia. Kegiatan ini didukung Pemerintah Negara Bagian Victoria, Australia, yang juga terkenal dengan kualitas daging sapi yang tinggi dan mengusung semangat sustainability.

Acara puncak Jakarta Butchers Challenge telah digelar pada 14 Juni 2022 di Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang. Acara ini menjadi puncak dari serangkaian ragam kegiatan Meatcopedia selama 12 bulan terakhir.

Baca juga : Garuda Ajukan Penundaan Voting PKPU, Optimalkan Finalisasi Rencana Perdamaian

Trade Director Indonesia dari Victoria Government Trade & Investment Irawan Budianto mengaku senang dapat mendukung Meatcopedia dari GPW dan turut serta dalam Jakarta Butchers Challenge pertama di Indonesia.

"Kami berharap melalui inisiatif ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang paham akan berbagai jenis potongan daging sapi, teknik butchery yang tepat, juga memiliki awareness terhadap daging sapi yang sustainable," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.