Dark/Light Mode

Timnas Argentina

Kesempataan Terakhir `Si Kutu` Bersinar

Jumat, 24 Juni 2022 07:00 WIB
Lionel Messi. (Foto: Getty Images).
Lionel Messi. (Foto: Getty Images).

 Sebelumnya 
Timnas Argentina masih memercayakan Lionel Scaloni sebagai pelatih mereka. Scaloni sudah bersama Argentina sejak 2018. Mulanya, ia ditunjuk sebagai asisten pelatih Jorge Sampaoli.

Kemudian Scaloni diberi tanggung jawab membina tim muda terlebih dahulu sebelum menjadi pelatih tim utama Argentina pada 2020.

Bersama Albiceleste, sang manajer sudah mempersembahkan satu trofi Copa America dan Piala Conmebol UEFA Cup. Scaloni berharap anak asuhnya bisa mengulangi Piala Dunia 2014 dimana saat itu Lionel Messi dan kawan-kawan bisa melaju hingga laga final sebelum akhirnya dikalahkan Jerman.

Baca juga : Korban Meninggal Kecelakaan Labusel Sumut Terima Santunan Jasa Raharja

Scaloni menilai para peserta di Grup C mempunyai kekuatan merata. “Ini grup yang sulit. Tapi saya katakan kepada orang-orang: tenang dan nikmati Piala Dunia,” kata dia.

Jika berbicara tentang pemain bintang yang ada di Timnas Argentina, tentu saja jawabannya adalah Lionel Messi. Meski mendapat banyak kritikan sejak bergabung dengan Paris Saint Germain (PSG), tapi penampilan pria berjuluk La Pulga alias Si kutu di level Timnas masih ciamik.

Pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Messi mencetak tujuh gol. Ia mempersembahkan trofi Copa America 2021 untuk negaranya beberapa waktu lalu.

Baca juga : Barikade Gus Dur Ingatkan Cak Imin Santun Berpolitik

Bisa dibilang, Piala Dunia 2022 ini adalah kesempatan terakhir Lionel Messi untuk menambahkan medali pemenang ke lemari trofinya yang mengesankan. “Kami terus berkembang, itulah yang kami cari. Kami bekerja hari demi hari untuk meningkat lebih jauh,” ujar Messi.

Kiprah Argentina di Piala Dunia cukup apik. Sejauh ini, mereka sudah punya dua trofi Piala Dunia. La Seleccion juga dikenal sebagai Albiceleste alias putih dan biru langit, telah muncul dalam empat final Piala Dunia, termasuk final pertama di 1930, mereka kalah 4–2 oleh Uruguay.

Argentina menang dalam penampilan akhir mereka berikutnya di 1978, mengalahkan Belanda 3–1. Argentina, yang dipimpin Diego Maradona menang kembali kompetisi tersebut pada tahun 1986, mengalahkan Jerman Barat 3-2.

Baca juga : Tips Aman Milenial Penuhi Kebutuhan Dan Mengatur Keuangan

Penampilan final Piala Dunia terbaru mereka berada di 1990, sayangnya mereka kalah 0-1 dari Jerman lewat adu pinalti. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.