Dewan Pers

Dark/Light Mode

Timnas Arab Saudi

Siap Hapus Lebel `Tim Pelengkap`

Selasa, 28 Juni 2022 07:00 WIB
Timnas Arab Saudi. (Foto: AP Photo).
Timnas Arab Saudi. (Foto: AP Photo).

RM.id  Rakyat Merdeka - Arab Saudi akan menjadi satu dari 32 negara yang akan manggung di Piala Dunia 2022 di Qatar. Meski datang bukan sebagai tim unggulan, Arab Saudi siap merepotkan lawan-lawan mereka di turnamen empat tahunan ini.

The Green Falcons, julukan Timnas Arab Saudi, tergabung di Grup C bersama Argentina, Meksiko, dan Polandia. Melihat komposisi grup, tim yang diarsiteki Herve Renard diramalkan bakal kesulitan bersaing.

Apalagi Arab Saudi sudah harus berhadapan dengan lawan kuat pada laga perdana. Mereka ditantang Argentina, yang dimotori Lionel Messi dan merupakan salah satu kandidat juara, pada 22 November mendatang, di Lusail.

Setelah itu mereka bertemu Polandia dan Meksiko pada dua pertandingan selanjutnya. Minimnya pengalaman di ajang besar sekelas Piala Dunia diramalkan membuat The Green Falcons kesulitan.

Berita Terkait : Raja Asia Siap Buat Kejutan

Debut Arab Saudi di Piala Dunia terjadi pada 1994 di Amerika Serikat. Yakni, tampil cukup mengejutkan dengan lolos ke babak 16 besar setelah meraih dua kemenangan dan sekali kalah di babak grup yang berisi Belanda, Belgia, serta Maroko.

Namun sejak saat itu, The Green Falcons tak pernah lagi lolos dari babak penyisihan grup. Dari 16 pertandingan yang dilakoni Arab Saudi sepanjang lima kali keikutsertaan mereka di Piala Dunia, The Green Falcons hanya meraup tiga kemenangan dan dua seri, sementara 12 sisanya kalah.

Menarik disimak apakah Arab Saudi bakal mampu memberikan kejutan di Piala Dunia 2022 atau justru mereka hanya bakal menjadi bulan-bulanan tiga kontestan lainnya di babak grup?

Arab Saudi memiliki rapor positif sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka melaju ke putaran tiga kualifikasi zona Asia setelah memuncaki klasemen Grup D putaran kedua, yang berisi Uzbekistan, Palestina, Singapura, dan Yaman.

Berita Terkait : Piala AFC, Serdadu Tridatu Siap Tempur Di Kandang

The Green finis sebagai juara grup dengan raihan 20 poin dari delapan pertandingan, dengan catatan tidak pernah kalah. Lalu di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, skuad Herve Renard bergabung dengan Jepang, Australia, Oman, Tiongkok, dan Vietnam.

 

Arab Saudi secara mengejutkan finis sebagai juara Grup B, mengungguli Jepang, yang memiliki lebih banyak pemain yang tampil di kompetisi Eropa.

Dari 10 pertandingan, Arab Saudi meraih tujuh kemenangan, termasuk pada pertemuan pertama kontra Jepang di Jeddah, dan mengumpulkan total 23 poin.

Angka ini unggul tipis dari Jepang yang juga meraih tiket otomatis ke Qatar setelah finis di urutan dua klasemen akhir. Uniknya, Jepang juga yang memberikan satu-satunya kekalahan pada Arab Saudi di putaran ketiga ini.

Berita Terkait : Nycta Gina, Rela Jadi Selingkuhan

Arab Saudi menunjuk Herve Renard sebagai pelatih mereka pada Juli 2019. Penampilan impresif The Green sepanjang babak kualifikasi tak lepas dari peran juru taktik berpaspor Prancis ini.

Dia melakoni pertandingan pertama lawan Yaman pada 10 September 2019 di laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Kemudian, pada Maret 2022 memastikan Arab Saudi lolos ke Qatar.

Dalam prosesnya, Herve Renard merupakan pelatih asing pertama yang meraih kemenangan terbanyak (18) sepanjang sejarah Timnas Arab Saudi.

Walau namanya tak sepopuler pelatih besar Eropa, Herve Renard memiliki pengalaman cukup di bidang pelatih. ■