Dark/Light Mode

Kuda Hitam Di Rumput Qatar

Kamis, 7 Juli 2022 07:00 WIB
Timnas Ekuador. (Foto: Getty Images).
Timnas Ekuador. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski punya sejarah panjang sebagai negara yang memiliki sepak bola paling bermasalah di Amerika Selatan, Ekuador membuat kejutan. Tim berjuluk La Tri ini muncul sebagai pesaing kuat di Amerika Selatan.

Timnas Ekuador lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar, setelah mengukuhkan posisinya sebagai tim terbesar keempat Amerika Selatan bersama Brazil, Argentina, dan Uruguay.

La Tri lolos empat kali dari enam putaran final Piala Dunia terakhir, rekor yang lebih baik dari Chile, Kolombia, Paraguay dan Peru, seperti dilansir Marca.

Baca juga : Moeldoko Bisa Jadi Kuda Hitam Di Pilpres 2024

Timnas Ekuador akan mencoba peruntungan di Negeri Mutiara, Qatar. La Tri menjadi lawan tuan rumah Qatar pada laga pertama atau pembuka Piala Dunia 2022 yang akan digelar pada 21 November 2022.

Berbeda dengan tim-tim dari Amerika Selatan lainnya, Ekuador menjadi tim yang masih sulit meraih gelar. Meski demikian, dalam Piala Dunia 2022 ini bisa ditempatkan sebagai kuda hitam di fase grup putaran final nanti.

Momen terbaik Timnas Ekuador di ajang Piala Dunia terjadi pada 2006 ketika El Tri berhasil ke fase 16 besar. Itu pencapaian terbaik dalam sejarah tampil di ajang Piala Dunia bagi Ekuador. Di bawah asuhan Gustavo Alfaro, kembali tampil di ajang Piala Dunia setelah absen pada Piala Dunia 2018 lalu di Rusia.

Baca juga : Pria Vietnam Berhias 5 Kg Emas Tiap Hari

Ekuador berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah memastikan peringkat keempat klasemen Zona Amerika Selatan. Dalam 18 pertandingan, Ekuador meraih tujuh kemenangan, lima kali imbang, dan enam kekalahan.

Pada pertandingan pertama kualifikasi, yaitu pada 8 Oktober 2020, Ekuador takluk dari Argentina dengan hanya kemasukan satu gol.

Bahkan, gol Argentina yang diciptakan Lionel Messi tersebut diciptakan dari penalti. Di laga kedua, Ekuador kemudian bangkit dengan menang 4-2 atas Uruguay.

Baca juga : Catat! Mulai Hari Ini Rute KRL Jabodetabek Berubah

Dalam perjalanan kualifikasi ini pula, Ekuador mencatat sejumlah hasil yang mengejutkan di antaranya dengan menggulung Kolombia dengan skor 6-1. Mereka juga mampu mengalahkan Chile, imbang lawan dua tim raksasa Amerika Latin, Brasil dan Argentina.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.