Dark/Light Mode

Timnas Maroko

Kebangkitan Singa Atlas

Senin, 11 Juli 2022 07:00 WIB
Timnas Maroko. (Foto: AFP).
Timnas Maroko. (Foto: AFP).

 Sebelumnya 
Maroko dilatih oleh pelatih kawakan, Vahid Halilhodzic. Pria 69 tahun ini ditunjuk menukangi Timnas Maroko pada Agustus 2019. Dia pelatih berpengalaman, sudah malang melintang di berbagai klub dan timnas.

Halilhodzic mengawali karier kepelatihan di klub Maroko, Raja Casablanca, pada 1997. Di sana, Halilhodzic meraih gelar Liga Champions Afrika pada musim pertamanya.

Halilhodzic juga pernah membesut beberapa tim Prancis, yaitu Lille, Rennes, Paris Saint Germain dan Nantes. Namun, Halilhodzic terkenal sebagai sosok kontroversial yang berseteru dengan sejumlah pemain.

Baca juga : Timnas Makin Kinclong, Menpora Sanjung STY

Dia mendapat kritik pedas dari media Jepang ketika melatih timnas selama tiga tahun pada 2015 sampai 2018, karena strategi bermain dan pemilihan skuad.

Halilhodzic juga kembali membuat keputusan kontroversi dengan meninggalkan pemain Chelsea, Hakim Ziyech di Piala Afrika beberapa waktu lalu, karena dianggap indisipliner.

Sang pelatih mengatakan, Hakim Ziyech tidak akan kembali ke Timnas Maroko selama dia memimpin. Hal ini membuat pemain 28 tahun itu akhirnya mengumumkan pensiun dari timnas di usia produktif.

Baca juga : Awas, Ledakan Dinamit

Setelah Hakim Ziyech memutuskan pensiun dari timnas usai tak dipanggil untuk Piala Afrika 2021, maka perhatian publik akan berpusat pada Achraf Hakimi dan Youssef En-Nesyri.

Achraf Hakimi kini membela Paris Saint-Germain sejak musim panas tahun lalu, setelah dibeli dari Inter Milan.

Meski posisinya sebagai bek, Achraf Hakimi termasuk pemain haus gol. Bersama PSG, dia mencetak empat gol dan enam assist dari 32 penampilan musim lalu.

Baca juga : KSP Minta Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Cegah Stunting

Dari delapan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Achraf Hakimi hanya satu kali duduk di bench. Sisanya tampil penuh. Dia ikut mencetak gol dalam kemenangan 4-1 Maroko atas Kongo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.