Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Muslim Berpengaruh Di Dunia

Jokowi-Erdogan Turun Peringkat

Minggu, 24 Juli 2022 07:30 WIB
Daftar 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia versi The Muslim 500. (Foto: Istimewa).
Daftar 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia versi The Muslim 500. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kembali masuk dalam daftar 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia versi The Muslim 500. Tak hanya Jokowi, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga masuk dalam daftar tersebut. Hanya saja, dalam edisi kali ini, Jokowi dan Erdogan turun peringkat.

Tiap tahun, The Muslim 500 menggelar survei untuk mengetahui siapa saja tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. Survei dilakukan oleh Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam yang berafiliasi dengan Institut Pemikiran Islam Kerajaan Aal al-Bayt di Amman, Yordania.

Apa hasilnya? Mengutip situs themuslim500.com, tahun ini Jokowi berada di urutan ke-13. Pada 2021, Jokowi berada di urutan 12. Disebutkan, Jokowi terpilih kembali sebagai Presiden Indonesia setelah memenangkan pemilu pada 2019, dengan raihan 55,5 persen suara. “Ia akan menjalani masa jabatan kedua dan terakhirnya hingga 2024,” bunyi survei The Muslim 500.

Baca juga : Bertemu Menlu Vietnam, Jokowi Bahas Perdagangan Hingga Perundingan ZEE

Sementara Erdogan turun tiga peringkat di posisi empat. Erdogan disebut telah menjadi presiden Turki selama 11 tahun dan memenangkan tiga pemilihan berturut-turut pada 2002, 2007, dan 2011. Pada tahun lalu, Erdogan menempati posisi pertama.

Di edisi tahun 2022, posisi pertama diraih oleh Amir asal Qatar, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani. Sementara urutan kedua diduduki oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud.

Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud menjabat sebagai raja ketujuh Kerajaan Arab Saudi mulai Januari 2015 lalu. Tepatnya, setelah Raja Abdullah bin Abdul-Aziz wafat.

Baca juga : Jokowi Pede Hubungan Perdagangan Menguat..

Peringkat ketiga ditempati Ayatollah Hajj Sayyid Ali Khamenei, seorang pemimpin tertinggi di Iran. Lalu, Abdullah II Ibn-Al-Hussein menduduki peringkat kelima orang Islam paling berpengaruh di dunia. Ia merupakan keturunan langsung Nabi Muhammad.

Selain Jokowi, eks Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj dan Habib Luthfi bin Yahya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah juga masuk 50 besar tokoh Muslim dalam daftar itu. Said Aqil berada di urutan ke-19 dan Habib Luthfi berada di urutan ke-32.

RISCC menyatakan, pemilihan orang dalam publikasi daftar 500 tokoh muslim berpengaruh ini bukan berarti dalam rangka mendukung pandangan mereka. RISCC hanya mengukur sejauh mana pengaruh dari orang-orang tersebut.

Baca juga : Dunia Pendidikan Mau Dipulihkan

Pengaruhnya disebut bisa datang dari seorang cendikiawan yang secara langsung berbicara mengenai masalah keumatan dan mempengaruhi keyakinan, gagasan dan perilaku. Bisa juga datang dari penguasa yang membentuk faktor-faktor sosial ekonomi atau dari para seniman yang membentuk budaya populer.

Publikasi ini memilih tokoh Muslim dari berbagai kategori, yaitu keilmuwan, politik, administrasi urusan agama, penceramah dan pembimbing spritual, filantropi, isu-isu sosial, bisnis, sains dan teknologi, seni dan budaya, qari Alquran, selebriti dan bintan olahraga serta ekstrimis. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.