Dewan Pers

Dark/Light Mode

Persaingan Di Grup D Enteng

Tim Ayam Jantan Keluar Dari Kutukan

Kamis, 4 Agustus 2022 07:00 WIB
Timnas Prancis. (Foto: Twitter/@equipedefrance).
Timnas Prancis. (Foto: Twitter/@equipedefrance).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di atas kertas, Timnas Prancis mendapat lawan enteng di Grup D Piala Dunia 2022 di Qatar. Jika mulus, Tim Ayam Jantan bisa keluar dari kutukan sebagai juara bertahan.

Prancis melenggang ke Piala Dunia 2022 sebagai juara bertahan berkat gelar yang mereka menangi empat tahun silam. Status juara bertahan termasuk berisiko jika melihat pola Piala Dunia sejak 2002.

Bahkan, hal itu dirasakan Prancis tatkala mengalami kutukan saat tersingkir di fase grup Piala Dunia 2002 usai menjuarai edisi 1998.

Selanjutnya, kutukan tersebut selalu mengenai para juara bertahan seperti Italia (pada 2010), Spanyol (2014) dan Jerman (2018).

Hanya Timnas Brazil yang berhasil keluar dari kutukan tersebut di edisi 2006, usai menjuarai Piala Dunia 2002.

Berita Terkait : Tango Dikepung Tim Kuda Hitam

Kini, Prancis memiliki kesempatan mengikuti jejak Brazil jika melihat lawan mereka di fase grup. Di Grup D Prancis akan bersaing dengan Australia, Tunisia dan Denmark.

Di antara kontestan tersebut, Prancis menjadi yang paling berpengalaman dengan keikutsertaan Piala Dunia hingga 15 kali. Tim berjuluk Les Bleus ini juga sukses menjuarai ajang tersebut hingga dua kali, pada edisi 1998 dan 2018.

Memasuki Piala Dunia 20­ 22, Les Bleus kemungkinan besar masih dibela oleh pahlawan mereka pada empat tahun lalu, seperti Paul Pogba, Kylian Mbappe, N’Golo Kante dan Antoine Griezmann.

Prancis bahkan berpeluang tetap diperkuat Karim Benzema yang dijagokan menjadi pemenang Ballon d’Or tahun ini.

Jabatan pelatih kepala juga masih dipegang oleh Didier Deschamps, yang mengantar mereka juara pada empat tahun lalu.

Berita Terkait : Hasil Autopsi Brigadir J Baru Keluar 1-2 Bulan

Meski sempat menurun pada Piala Eropa 2020, Prancis membuktikan kesaktian mereka masih ada pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Les Bleus memuncaki klasemen grup D zona Eropa pada babak kualifikasi tanpa tersentuh kekalahan.

 

Sedangkan, Australiasudah lima kali mengikuti Piala Dunia dalam sejarah negara mereka. Prestasi terbaik Socceroos dibukukan pada Piala Dunia 2006 saat melaju hingga babak 16 besar.

Tahun ini, Australia menyongsong Piala Dunia tanpa kehadiran pemain bintang yang bermain di klub besar Benua Eropa.

Pelatih Graham Arnold pun perlu bekerja keras membawa Australia lolos dari Fase Grup Piala Dunia 2022. Australia akan mengandalkan penyerang mereka, Matthew Leckie, yang merupakan pencetak gol terbanyak di skuad tersebut.

Di kubu Denmark, kisah cemerlang yang dibukukan pada Piala Eropa 2020 membuat negara ini mendapat sorotan spesial di Piala Dunia 2022. DNA sebagai kuda hitam memang sudah mendarah daging dalam diri Timnas Denmark.

Berita Terkait : Mba Puan, Alon-alon Semoga Kelakon…

Sejauh ini, Denmark sudah lima kali menjadi bagian dari ajang empat tahunan FIFA ini. Tim Dinamit meraih prestasi terbaiknya kala mampu menembus babak perempat final pada Piala Dunia 1998.

Untuk Piala Dunia 2022, tim asuhan Kasper Hjulmand sepertinya masih akan dibela oleh sejumlah pemain bintang, seperti Kasper Schmeichel, Andreas Christensen, dan Martin Braithwaite.

Christian Eriksen juga masih memiliki semangat besar untuk kembali setelah sempat mengalami insiden tidak sadarkan diri pada Piala Eropa 2020. Sikap tidak pantang menyerah Denmark bisa menjadi penantang serius Prancis di Grup D. ■