Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Timnas Prancis

Ayam Jantan Bawa Misi Hapus Kutukan

Senin, 25 Juli 2022 07:00 WIB
Timnas Prancis. (Foto: Twitter @FrenchTeam).
Timnas Prancis. (Foto: Twitter @FrenchTeam).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Prancis masuk Grup D pada di pagelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Tim Ayam Jantan itu satu grup dengan Australia, Denmark, dan Tunisia.

Jika melihat komposisi grup tersebut, tim besutan Didier Deschamps jelas punya kans besar untuk bisa lolos ke babak knockout. Akan tetapi mereka juga harus berhati-hati dengan kutukan juara bertahan yang gagal lolos grup. Prancis pun pernah mengalami hal tersebut pada 2002.

Setelah menjuarai Piala Dunia 2018, mereka gagal lolos grup pada pagelaran Piala Dunia berikutnya di Jerman.

Baca juga : Awas, Cengkraman Dan Gigitan Si Singa

Ketika itu mereka tergabung di Grup A bersama Denmark, Uruguay, dan Senegal. Dari tiga laga, Prancis gagal memenangkan satu pun pertandingan.

Mereka mencatatkan dua kekalahan dan satu imbang. Alhasil mereka harus mengakhiri Piala Dunia dengan bertengger di posisi buncit dan hanya mengoleksi satu poin.

Pada pagelaran kali ini mereka harus bisa mematahkan kutukan tersebut. Karena sejak 2002, belum ada tim yang berhasil lolos grup usai menjadi juara di edisi sebelumnya.

Baca juga : Universitas Pancasila Lantik Sejumlah Pejabat Kampus, Ada Eks Wamen PUPR

Setelah Prancis, ada Italia lalu Spanyol dan Jerman yang juga gagal lolos grup usai menjadi juara Piala Dunia di edisi sebelumnya.

Tapi, dengan skuad menterang, agak cukup memalukan jika Prancis gagal melangkah ke fase knockout pada Piala Dunia 2022 mendatang.

Selain datang sebagai status juara bertahan di Piala Dunia 2022, Prancis merupakan pengoleksi gelar terbanyak ketiga bersama Argentina. Mereka telah memenangkan Piala Dunia dua kali pada 1998 dan 2018. Sementara mereka juga penah menjadi runner-up pada 2006.

Baca juga : Puan Maharani Diibaratkan Padi Yang Merunduk

Prancis datang ke Qatar mela­lui kualifikasi yang tidak begitu sulit. Mereka tergabung di Grup D pada Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa bersama Ukraina, Finlandia, Bosnia & Herzegovina, dan Kazakhstan.

Dari delapan pertandingan yang mereka jalani, Les Blues berhasil memenangkan lima di antaranya. Dan, sisanya berakhir imbang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.