Dark/Light Mode

Noah Sidabutar, Anak Batak Juara Taekwondo di AS

Kamis, 4 Agustus 2022 23:48 WIB
Aksi Noah Sidabutar saat mengikuti Kejuaraan Dunia Taekwondo versi American Taekwondo Association (ATA), di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. (Foto: Istimewa)
Aksi Noah Sidabutar saat mengikuti Kejuaraan Dunia Taekwondo versi American Taekwondo Association (ATA), di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bendera Merah Putih berkibar di Kejuaraan Dunia Taekwondo versi American Taekwondo Association (ATA) yang berlangsung pada 11 hingga 17 Juli 2022, di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Noah Sidabutar, anak Batak berusia 12 tahun yang tinggal bersama orang tua dan dua adik perempuannya di Horizon West, Florida, berhasil meraih tiga gelar juara dunia yaitu kategori Creative Form, Creative Weapon, dan Extreme Form untuk kelas usia 11-12 tahun, di tingkat dua sabuk hitam.

“Rasanya luar biasa,” kata Noah, mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi itu, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (4/8).

Ketika banyak anak semuanya asyik di rumah bermain video game saat musim panas, Noah berlatih meningkatkan kemampuan taekwondo. “Untuk mempersiapkan diri meraih prestasi masa depan saya,” sambungnya.

Baca juga : Kalahkan Jabar, Putra DKI Jakarta Juara Polo Air FAI 2022

Selain meraih tiga gelar juara dunia, Noah, yang datang mengikuti kejuaraan itu ditemani ibunya, Julian Sidabutar Boru Limbong, juga menduduki peringkat kedua untuk kategori Extreme Weapon.

Noah juga anggota tim atraksi dari perguruan taekwondonya, Victory Martial Arts, yang berlokasi di Ocoee, Florida. Noah, bersama timnya, berhasil menempati peringkat ketiga di kejuaraan dunia ini untuk kategori Demo Team.

Noah mengatakan, untuk mengikuti kejuaraan dunia ini, dia harus memenuhi beberapa persyaratan. Salah satunya adalah masuk dalam peringkat 10 besar ATA di babak penyisihan yang sudah berlangsung selama 1 tahun sejak Juli 2021 untuk semua kategori yang dia ikuti. “Saya bersaing dengan seniman bela diri yang sangat berbakat di ATA,” ujarnya.

Baca juga : Jika Ronaldo Kabur, Martial Bakal Jadi Andalan

Sebelum menekuni taekwondo, Noah pernah mencoba berbagai olahraga seperti baseball, bola basket, sepak bola, dan renang. Tetapi semua olahraga itu tidak ada yang benar-benar dinikmatinya. Hingga akhirnya ia mulai menekuni taekwondo di usia 7 tahun melalui Victory Martial Arts.

Awalnya, taekwondo hanyalah hobi bagi Noah. Namun, di kejuaraan dunia pertamanya pada 2021, ia berhasil meraih gelar juara dunia di kategori Creative Form, dan juara kedua untuk kategori Extreme Weapon.

“Saat itulah saya bulatkan tekad untuk meningkatkan kemampuan Taekwondo dengan lebih sungguh-sungguh,” katanya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.