Dark/Light Mode

Kritik Dari Legenda Belanda Marco Van Basten

Barca Bikin Malu Johan Cruyff

Sabtu, 20 Agustus 2022 07:00 WIB
Marco Van Basten. (Foto: Getty Images).
Marco Van Basten. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Legenda sepakbola Belanda Marco Van Basten mengkritik sikap Barcelona dalam mengatasi krisis finansial. Van Basten menilai, Barca bikin malu pendiri Barcelona, Johan Cruyff.

Diketahui, Barca hingga kini masih diterpa krisis keuangan. Hutang mereka sampai saat ini bahkan tercatat sebesar 1,3 miliar euro atau sekitar Rp 19,4 triliun. Meski telah mengaktifkan tuas ekonomi dengan menjual saham Barca Studios dan hak siar TV tetap saja oleng.

Baca juga : Jurus Puan Bisa Bikin KIB Dan KIR Buyar Lho

Yang anehnya lagi, uang keuntungan dari menjual saham tersebut tidak mereka gunakan untuk mengurangi utang. Melainkan malah memborong sejumlah pemain berlabel bintang pada bursa transfer musim panas ini.

Untuk memboyong Robert Lewandowski, Raphinha dan Jules Kounde, mereka harus mengeluarkan lebih dari 150 juta euro atau Rp 2,2 triliun.

Baca juga : Wales Vs Belanda, Gareth Bale Cs Punya Modal Semangat

Meski permasalahan pendaftaran pemain bisa mereka selesaikan, tapi masalah itu diselesaikan Barca dengan cara sangat memalukan. Yaitu memotong gaji setiap pemain.Salah satunya, terhadap Frenkie de Jong yang belakangan menjadi sorotan banyak pihak.

Selain memotong gaji sang pemain, Blaugrana juga disebut-sebut masih memiliki utang gaji kepada gelandang asal Belanda itu. Bahkan, Barca juga telah menekan De Jong untuk meninggalkan klub, dan mengancamnya dengan tindakan hukum atas kontraknya demi melonggarkan pengeluaran mereka untuk gaji pemain.

Baca juga : MAKI: Kredit Macet Perusahaan Batu Bara Bisa Masuk Kategori Korupsi

Sikap arogan Barca itu membuat legenda Belanda, Marco Van Basten kesal. Dalam sebuah tayangan televisi di Belanda, seperti dikutip dari Ziggo Sport, kemarin, Van Basten mengecam sikap Barca itu. “Apa yang dilakukan Barca sudah diluar batas kewajaran. Bikin malu Johan Cruyff saja,” kata Van Basten.

Komentar menohok itu disampaikannya lantaran sang legenda AC Milan mengaku sangat menghormati kompatriotnya, dan menghargai perjuangan Cruyff membangun Barca. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.