Dark/Light Mode

Demi Perbaikan, Kemenpora Dukung Penuh PSSI Hukum Wasit Liga 1

Selasa, 23 Agustus 2022 06:31 WIB
Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti. (Foto : Ist)
Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung penuh upaya PSSI memperbaiki tata kelola Liga 1 dengan pemberian hukuman pembinaan tanpa tugas kepada wasit yang dianggap tak sesuai dengan Law of The Games alias aturan main pertandingan.

"Upaya PSSI melalui Komite Wasit harus dilihat sebagai upaya menjungjung tinggi profesionalitas. Ini hal positif demi kebaikan bersama, jadi kami, Kemenpora tentu sangat mendukung upaya PSSI memberi hukuman kepada para wasit," kata Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, Senin (22/8). 

Menurut Chandra Bakhti, langkah PSSI sangat tepat karena kompetisi sepakbola baik Liga 1, 2 dan 3 mendapat perhatian masyarakat secara luas. 

Baca juga : PDI Perjuangan Dukung Penjabat Gubernur Pilihan Jokowi

"PSSI berupaya memuaskan masyarakat sepak bola dengan perbaikan-perbaikan semua lini. Termasuk perbaikan para wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Soal bagaimana hukumannya, ya kita percayakan kepada PSSI atau Komisi Wasit," katanya.

Apalagi, lanjut Chandra Bhakti, sepakbola kini sudah menjadi industri. Ini artinya sepakbola harus menjadi event yang mampu menguntungkan semua pihak yang terlibat mulai dari pemain, panitia pelaksana, klub, hingga penikmat sepakbola sebagai sebuah tontonan.

"Sehingga pihak-pihak yang sudah diberi tanggung jawab, termasuk wasit harus menjalankan tugasnya dengan baik. Jangan sampai merugikan orang klub atau pemain," tambah Chandra.

Baca juga : Pemerintah Harus Perhatikan Efek Domino Perekonomian Sebelum Naikin Harga BBM

Sebelumnya, PSSI melalui Komite Wasit resmi menjatuhkan hukuman pembinaan khusus tanpa tugas kepada sejumlah perangkat pertandingan yang bermasalah dari pekan 1 hingga 5 kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Perangkat pertandingan ini terdiri dari wasit, additional assistant referee, dan asisten wasit. Sejumlah orang ini mendapatkan berbagai macam jenis hukuman.

"PSSI berharap seluruh perangkat pertandingan menjalankan tugas sesuai Law of The Game (LOTG). Setiap wasit yang menjalankan tugas dengan baik pasti ada award, namun bila tidak menjalankan tugas dengan baik akan ada pembinaan tanpa tugas" kata Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh.

Baca juga : Persebaya Punya Bukti Buruknya Kinerja Wasit Liga 1

Pria yang juga Ketua Asprov Jawa Timur ini menambahkan bahwa wasit-wasit yang belum pernah mendapatkan pembinaan khusus tanpa tugas agar berhati-hati menjalankan tugas. Ia berharap mereka tetap fokus dan jalan tugas sesuai LOTG.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.