Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Liga 1 Indonesia

4 Laga Ke Depan, Bali United Tanpa Irfan Jaya Dan Rahmat

Selasa, 6 September 2022 16:16 WIB
Pemain Bali United, Irfan Jaya. (Foto : ist)
Pemain Bali United, Irfan Jaya. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenangan Bali United 1-0 atas Persebaya pada laga ke-8 Liga 1 harus dibayar mahal dengan cederanya duo sayap lincah, yakni Irfan Jaya dan Rahmat. Keduanya cedera dan bakal absen hingga 4 pekan.

Rahmat sendiri didiagnosa menderita cedera sendi di bahu kanannya. Hal tersebut terjadi akibat ia jatuh dan salah bertumpu kala menghindari jegalan pemain Persebaya, Rizky Ridho pada menit 90+1.

Akibat cedera tersebut, pemilik nomor punggung 91 itu diperkirakan harus menepi selama dua hingga 4 pekan ke depan demi memulihkan kondisinya.

Kompatriot Rahmat, yakni Irfan Jaya turut pula menjadi korban di balik kemenangan Bali United pada pekan kedelapan ini. Pemilik nomor punggung 41 yang baru dimasukkan jelang peluit panjang itu tengah mencoba menebar ancaman lewat akselerasinya sebelum dijegal kembali oleh Rizky Ridho.

Sontak Irfan Jaya langsung terkapar lemas di atas lapangan sambil memegangi kaki kanannya. Ternyata, setelah diperiksa dan dirawat, ia menderita cedera retak tulang fibula dan tibia.

Baca juga : Dipecat Singo Edan, Begini Reaksi Eduardo Almeida

Melihat tingkat keparahan cedera yang dialami oleh Irja, maka diperlukan waktu yang jauh lebih panjang untuk pemulihan jika dibandingkan dengan Rahmat. Pemain asal Bantaeng itu diperkirakan harus absen selama dua bulan ke depan.

Absennya Irja dan Rahmat tentu meninggalkan lubang pada skuad Bali United. Apalagi keduanya sama-sama pemain cepat dan dapat diandalkan terutama ketika tim mengalami kebuntuan.

Berdasarkan statistik, Irja dari enam penampilan musim ini sudah berkontribusi bagi Bali United dengan mencetak satu gol cepat ke gawang Persik (27/8) dan dua assist saat melawan Persija (23/7) serta PS Barito Putera (18/8). Sedangkan Rahmat yang walaupun lebih sering menjadi pemain pengganti juga tampil impresif.

Satu gol ke gawang Persib (23/8) dan dua assist sekaligus saat melawan Persik (27/8) menjadi bukti nyata Rahmat adalah sang supersub. Ia tidak pernah tampil mengecewakan meskipun berangkat dari bangku cadangan.

"Mudah-mudahan kedua pemain ini bisa sembuh lebih cepat agar bisa kembali membantu tim di lapangan," harap pelatih kepala Bali United, Coach Teco dilansir laman resmi klub, Selasa (6/9). 

Baca juga : Lawan PSS Sleman, Bek Persis Asal Brasil Bakal Absen

Berkaca dari catatan tersebut, kehilangan keduanya sedikit banyak meninggalkan efek bagi permainan Bali United dalam beberapa laga ke depan. Terdekat, Irja dan Rahmat akan melewatkan pertandingan Serdadu Tridatu menghadapi Dewa United FC (10/9) mendatang.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra tentu tidak tinggal diam dan sudah menyiapkan strategi untuk menutup kehilangan akibat kehilangan dua pemain itu. Besar kemungkinan saat menghadapi Dewa United, duet Yabes Roni dan Privat Mbarga akan kembali diturunkan.

Keduanya sudah pernah turun sebagai starter dalam empat laga Bali United musim ini. Pertama saat menghadapi RANS Nusantara FC (4/8), kemudian melawan Arema FC (13/8), melawat ke kandang Persib (23/8), dan terbaru bersua Persebaya (2/9).

Kombinasi keduanya saat turun sebagai starter pun cukup apik. Dari empat laga tersebut, Bali United mendapat tiga kemenangan dan satu kalah.

Secara pribadi, catatan statistik keduanya pun sangat baik. Dari enam laga, Privat telah menyumbang empat gol dan dua assist. Sedangkan Yabes Roni berkontribusi dengan satu assist.

Baca juga : Lawan PSG, Juventus Tanpa Angel Di Maria

Selain Yabes Roni dan Privat Mbarga, Coach Teco juga masih memiliki opsi lainnya. Tidak lain dan tidak bukan adalah memberikan kesempatan perdana untuk Hendra Adi Bayauw.

Sebagaimana diketahui, sejak didatangkan dari Persikabo 1973 pada jendela transfer awal musim, Hendra belum pernah sekalipun masuk ke dalam daftar susunan pemain di BRI Liga 1 2022/2023. Kini, pemilik nomor punggung 15 itu pun kemungkinan akan mendapat kesempatan itu saat berjumpa Dewa United FC.

Saat berseragam Persikabo, sayap kanan asal Tulehu itu sendiri tampil sebanyak 24 kali dan berkontribusi dengan satu gol dan lima assist bagi Laskar Padjajaran di BRI Liga 1 2021/2022.

Jika dirasa masih belum cukup, Coach Teco juga masih dapat menempatkan Novri Setiawan di pos sayap kanan. Sebab, selain lebih sering beroperasi di bek kanan, ia juga dapat bermain lebih maju ke sektor penyerangan.

"Pemain yang siap di latihan pasti akan saya pasang saat pertandingan," jelas Coach Teco secara adil. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.