Dark/Light Mode

Kembali Jadi Ketum PP PGSI 2022-2026

Trimedya Panjaitan Siap Tingkatkan Prestasi Gulat

Rabu, 26 Oktober 2022 07:00 WIB
Munas PP PGSI. (Foto: Istimewa).
Munas PP PGSI. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Dalam sambutannya, Trimedya menyatakan, Munas PGSI Tahun 2022 ini mengambil tema: ”Melalui Munas Tahun 2022 Kita Tingkatkan Semangat Kinerja Organisasi PGSI untuk Mendorong Terciptanya Prestasi Olahraga Gulat di Tingkat Nasional dan Internasional”.

Ditegaskannya, sebagai Ketua Umum terpilih PP PGSI, itulah yang akan dilakukannya bersama jajaran pengurus PP PGSI Periode 2022-2026, yaitu meningkatkan prestasi gulat di tingkat nasional, regional dan internasional, serta memperjuangkan gulat menjadi cabang olahraga unggulan nasional.

Saat ini, gulat belum termasuk dalam 14 cabang olahraga prioritas dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dipayungi oleh Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021. Tapi DBON menganut sistem promosi dan degradasi.

Baca juga : Italia Gagal Ke Piala Dunia, Mancini Siap Angkat Koper

Cabang olahraga yang sudah masuk bisa degradasi, sebaliknya cabang olahraga yang belum masuk, termasuk gulat, bisa promosi ke DBON.

“Gulat masih memiliki kesempatan masuk DBON, syaratnya adalah berprestasi. Saya siap bekerja keras dalam memimpin PP PGSI untuk meningkatkan prestasi cabang olahraga gulat,” katanya.

Trimedya juga menekankan, untuk meningkatkan prestasi cabor gulat maka kuncinya di pembinaan.

Baca juga : Bakir Pasaman, Tokoh Peningkatan Produktivitas Pertanian  

Karena itu, PP PGSI akan meningkatkan dan memperbanyak kegiatan untuk pembinaan atlet gulat. Yang terdekat, PGSI akan menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gulat Senior Puan Maharani Cup Ke-1 pada 23-27 November 2022.

Pembinaan ini bukan hanya untuk atletnya, juga untuk pelatih dan wasit. Sebagai rangkaian dari Kejurnas Gulat Senior Puan Maharani Cup Ke-1, juga akan dilaksanakan Penataran Pelatih dan Penataran Wasit pada 21-22 November 2022.

Dalam rangka pembinaan atlet gulat dari usia dini, PP PGSI berupaya menghidupkan kembali Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar atau PPLP yang saat ini terhenti pelaksanaannya.

Baca juga : Melani Leimena Suharli Ingatkan Soal Masa Jabatan Presiden Dalam UUD 1945

Selain itu, PP PGSI juga akan lebih memberdayakan Pengprovpengprov PGSI. Pengprov akan didorong dan didukung untuk menggelar event pertandingan gulat. Contohnya, Kejuaraan Gulat Kajati Cup Tahun 2022 di Jawa Tengah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.