Dark/Light Mode

Banteng Motorsport Sukses Gelar Empat Putaran Kejurnas Tamiya

Selasa, 1 November 2022 08:36 WIB
Para pemenang Kejurnas Tamiya 2022. (Foto: Ist)
Para pemenang Kejurnas Tamiya 2022. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tamiya yang populer pada tahun 90an sejak awal pandemi di tanah air perlahan semakin mulai banyak digemari kembali. Kini kejuaraan nasional Mini 4WD pun turut digelar di bawah naungan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

“Alhamdulillah kejurnas Mini 4WD akhirnya dapat kami gelar secara resmi di bawah Ikatan Motor Indonesia 4 Putaran dengan sistem perlombaan IMI Side Damper Class Regulation 2022,” kata Direktur Banteng Motorsport Bimo Pradikto yang juga Direktur Motorsport Games Ikatan Motor Indonesia, Selasa (1/11).

Dia mengungkapkan, kejurnas itu digelar mengadopsi Side Damper Official dan Tamiya Mini 4WD Japan. Kejuaraan digelar dalam empat putaran.

Kejuaraan Nasional Mini 4WD 2022 putaran pertama digelar 12-13 Maret 2022 dibuka Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo di Indomilk Arena, Tangerang.

Kejurnas Mini 4WD putaran kedua digelar 3-5 Juni 2022, putaran ketiga 26-28 Agustus 2022  yang sama-sama digelar di Blok M Mall Lantai Atas (Bosku Garage). Sedangkan putaran putaran terakhir digelar 28-30 September 2022.

“Alamdulillah diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah. Dari ratusan peserta ada 9 pemenang di putaran akhir,” ujarnya,

Bimo berharap  Mini 4 WD ini semakin ramai dan maju, semakin luas bukan hanya di gelar Jakarta dan sekitarnya tapi sampai ke kota/kabupaten lainnya di Indonesia.

“Ini memang hobi ya, kita harap semua ikutan hobi Mini 4WD, event atau Kejuaraan Mini 4WD semakin banyak yang dukung, baik pemerintah, brand-brand ataupun komunitas,” katanya.

Bimo menargetkan Mini 4WD dipertandingkan atau menjadi cabang olah raga eksebisi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Baca juga : Menpora Ajak Pelajar Jaga Persatuan Dan Kesatuan

“Harapannya seperti itu, dengan begitu semakin banyak orang tahu dan berpartisipasi,” ujar Bimo.

Bermula Di Hanggar

Bimo menuturkan, ide menggelar Kejurnas Tamiya karena pandemi Covid-19. Menurutnya, pada awal-awal pandemi banyak berada di rumah karena tidak ada balapan reli, sprint reli ataupun offroad.

“Saya selalu mengikuti tiap musim balap, akhirnya saya menemukan hobby baru di rumah yaitu merakit dan memodifikasi tamiya, sampai di Hanggar Banteng Motorsport saya bikin track dan ajak kakak saya wibi untuk ikut mainan sampai rutin kami gelar di hanggar balapan berempat sampai berenam terbatas dengan teman-teman dekat saja,” ujar Bimo.

Dari balapan di Hanggar Banteng Motorsport sepanjang tahun 2020 akhirnya di tahun 2021 saat pandemi mulai terkendali Bimo Pradikto bersama Tim Banteng mengikuti kejuaraan-kejuaraan Mini 4WD yang digelar oleh para komunitas pencinta tamiya dan bertepatan pada perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, ia bersama Banteng Motorsport dan Rupamaya menggelar Merdeka Mini 4 WD Championship 2021 Side Damper Class 17 Agustus 2021.

“Pada tahun 2020 kita hanya bisa balapan terbatas dari Hanggar, sampai akhirnya pandemi mulai terkendali dan boleh beraktivitas, nah ikut deh kami Tim Banteng di Cengrace Side Damper Dolphin Tamiya dan beberapa balapan-balapan tamiya lainnya walaupun masih terbatas, sampai akhirnya saya memutuskan untuk ikut menggelar kejuaraan juga, bertepatan pada perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021,” jelas Bimo Pradikto.

Mulai banyaknya kejuaraan-kejuaraan Mini 4WD membuat Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo pada 11 September 2021 meresmikan Komisi Mini 4WD Game dibawah Motorsport Games Ikatan Motor Indonesia sebagai wadah yang menaungi para pecinta mainan 4WD atau yang akrab dikenal dengan Tamiya. Banteng Motorsport juga kembali menggelar Kejuaraan yaitu Toyota Gazoo Racing Mini 4WD (Wheel Drive) Championship 2021 pada 28 November 2021 di Bengkel Space SCBD, Jakarta Pusat.

“Alhamdulillah Pak Bamsoet sebagai Ketua Umum IMI meresmikan Komisi Mini 4WD sebagai wadah yang menaungi para pecinta mainan 4WD, ini jadi angin segar bagi kami pencinta tamiya. Semoga industri Mini 4WD akan semakin maju di Indonesia, maka dari itu saya mengajak semua komunitas untuk semakin sering menggelar kejuaraan-kejuaraan balap Mini 4WD agar semakin populer disemua kalangan. Tahun kemarin target saya dapat menggelar Kejuaraan ini senasional tahun 2022, alhamdulillah terealisasi sampai empat putaran,” ujarnya.

Kejuaraan Nasional Mini 4WD 2022 putaran pertama 12-13 Maret 2022 di Indomilk Arena, Tangerang. Kemudian pada Kejurnas Mini 4WD putaran kedua 3-5 Juni 2022 dan putaran ketiga 26-28 Agustus 2022 di Blok M Mall Lantai Atas (Bosku Garage). Putaran ketiga pada 28-30 September yang diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah dan dukungan dari Loctite, Jakone Mobile, LFN dan Samsung.

Baca juga : Gelar Perkara, Kejagung Bidik Calon Tersangka

“Saya berharap Mini 4WD dipertandingkan atau menjadi cabor eksebisi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara dengan begitu semakin banyak orang tahu dan berpartisipasi,” pungkas Bimo.

Hasil Kejuaraan Nasional Mini 4WD Putaran Akhir 2022.

Juara 1 : Dolphin

Juara 2 : Dolphin

Juara 3 : Kram Otak Mini 4WD

Juara 4 : Ocess

Juara 5 : Banteng Mini 4WD

Juara 6 : Hustler

Juara 7 : Dolphin

Baca juga : Keren! JOB Tomori Sukses Olah Sampah Jadi Rumah Tahan Gempa

Juara 8 : Dolphin

Dan Juara 9 : Ultraman

 

BTO 1 : ultraman

BTO 2 : Ultraman

BTO 3 : Ocess

Best Race : Ultraman

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.