Dark/Light Mode

Arsenal vs FC Zurich 1-0

Meriam London Pasang Amunisi Di 16 Besar

Sabtu, 5 November 2022 07:00 WIB
Kieran Tierney. (Foto: Reuters).
Kieran Tierney. (Foto: Reuters).

RM.id  Rakyat Merdeka - Arsenal tidak kehilangan momentum tampil ciamik di musim ini. Sukses menjadi pimpinan klasemen Liga Premier, The Gunners ingin tularkan ke ajang Liga Europa.

Pasukan Meriam London sukses melenggang ke babak 16 besar tanpa babak play-off, setelah mengalahkan Tim Swiss, FC Zurich 1-0 pada laga pamungkas Grup A Liga Europa di Emirates Stadium, dini hari kemarin.

Gol semata wayang Arsenal ditorehkan Kieran Tierney pada menit ke-17. Saking impresifnya permainan Tierney, jerseynya sampai robek di bagian dada karena ditarik pemain Zurich, Nikola Boranijasevic. Alhasil, pemain asal Skotlandia itu terpaksa berganti kostum di tengah-tengah laga.

Insiden itu terjadi ketika Tierney sedang menguasai bola dan hendak maju menyerang. Boranijasevic berusaha menghentikannya.

Baca juga : The Gunners Pake Jurus Sapu Bersih

Pemain Zurich tersebut kemudian menarik jersey Tierney. Tapi, saking kuatnya tarikan itu, kostum bek Arsenal itu robek cukup besar. Dia kemudian menepi ke bench untuk berganti jersey.

Kemenangan ini sukses mengantarkan Arsenal lolos ke babak gugur Liga Europa dengan status juara grup setelah mengoleksi 15 poin. Zurich harus puas mengakhiri fase grup di posisi juru kunci dengan koleksi tiga poin.

Hasil ini sekaligus menjadi kemenangan ke-12 beruntun Arsenal di Stadion Emirates dan memastikan mereka jadi pemuncak Grup A.

Mereka unggul dua angka dari PSV Eindhoven, yang menjadi runner-up dan lolos ke babak play-off. Bodo/Glimt merebut posisi ketiga dan berhak melanjutkan kiprahnya di Liga Conference.

Baca juga : Setan Merah Incar Posisi Tiga Besar

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta senang dengan pencapaian timnya, yang telah memenangi 14 pertandingan berturut-turut (dalam laga kandang di Eropa).

“Kami datang ke sini sebagai tim ke-15 dan memenanginya. Kami sudah membicarakan ini selama beberapa hari dan telah melakukannya,” ujar Arteta.

Pada babak kedua, ada banyak hal yang harus diperbaiki. Timnya tahu itu. Tapi para pemain pantas mendapatkan pujian atas upaya mereka.

Sementara, Kapten Arsenal, Martin Odegaard, mengakui timnya tampil tak sempurna dalam laga ini.

Baca juga : Menanti Revisi Aturan Agar Pembatasan BBM Subsidi Tepat Sasaran

“Kami tahu apa yang akan terjadi di pertandingan ini. Agak menjengkelkan karena kami tidak menguasai bola lebih banyak, dan kami melewatkan beberapa peluang, tetapi yang paling penting adalah kami menang,” tutur Martin Odegaard kepada Viaplay.

Arsenal masih harus bersabar menantikan lawan di babak 16 besar. Calon lawannya masih akan berebut tiket babak sama lewat laga play-off.

Undian untuk babak gugur Liga Europa akan dilakukan pada Senin, 7 November 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.