Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Piala Dunia Qatar, Tim Jepang Sesumbar Masuk 16 Besar

Senin, 7 November 2022 06:23 WIB
Tim Jepang bersiap menuju pentas Piala Dunia Qatar. (Foto : Ist)
Tim Jepang bersiap menuju pentas Piala Dunia Qatar. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk ketiga kalinya, Maya Yoshida akan tampil membela negaranya Jepang di Piala Dunia 2022. Momen kali ini terasa spesial, karena dia dipercaya menjadi kapten Tim Samurai, julukan Timnas Jepang.

Yoshida menegaskan tekad membawa Jepang lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2022 di Qatar. Jepang berada di Grup E bersama Jerman, Spanyol, dan Kosta Rika.

Pemain belakang berusia 34 tahun itu sarat pengalaman dengan torehan 120 penampilan bersama timnas Jepang dalam tempo 12 tahun sebagai andalan lini belakang tim Samurai Biru.

Baca juga : Gelar Parade Budaya Nusantara, BNPT Pecahkan Rekor Muri

Bek Schalke itu juga sudah kenyang malang melintang di Eropa bahkan mengaku, “Berdarah 25 persen Inggris,” setelah menghabiskan hampir 8 tahun di Soiuthampton termasuk mendapatkan status warga permanen Inggris.

Yoshida bisa saja menjadi bagian dari timnas putri Jepang, yang menjadi juara Piala Dunia 2011, seandainya harapan ibunya untuk memiliki anak perempuan terwujud. Sebelum lahir, sang ibu sudah bertekad memberi nama anak ketiganya Maya, nama perempuan di Jepang, dan tetap memberikan nama itu meski yang lahir adalah anak laki-laki.

Sejak saat itu, Yoshida sukses menjadi salah satu bek terbaik Jepang dan terkenal karena sifatnya yang rendah hati dan selera humornya yang konyol. John Bailey, podcaster untuk Southampton, dalam sebuah wawancara pada 2020, mengatakan:

Baca juga : Jelang Nataru, Menhub Minta ASDP Bersiap

“Yoshida memancarkan rasa persahabatan dan kesan bahwa dia akan menjadi sahabat yang baik.” “Ketika kami bertanya kepada para pendengar, siapa pemain Saints yang ingin kalian ajak minum bersama, Yoshida berada di urutan teratas,” ujarnya.

Meski bersahabat, Yoshida bukanlah orang yang bisa dipermainkan. Hal itu diketahui langsung oleh para pendukung Arab Saudi saat laga kualifikasi Piala Dunia di Jeddah.

Kapten timnas Jepang itu menanggapi gestur menghina yang dilontarkan pendukung Arab Saudi dengan menghampiri pagar yang memisahkan para pendukung Arab Saudi dengan lapangan kemudian melontarkan gestur dan kata-kata penuh kemarahan.

Baca juga : Liga Champions, I Rossineri Pantang Kendor Di Laga 16 Besar

Yoshida bergabung dengan Schalke pada musim ini setelah bermain selama 2,5 tahun di Sampdoria, setelah meninggalkan Southampton pada awal 2020. Dia menyebut kariernya panjang di Eropa adalah karena kesediannya belajar bahasa Inggris.

Di awal kedatangannya di Southampton, dia tidak bisa mengerti perkataan Ricky Lambert, pemain kelahiran Liverpool. Namun, kini dia fasih berbahasa Inggris dengan menyebut belajar kata-kata makian membantu dirinya cepat bisa ngobrol dengan teman-temannya.

“Masalah bagi pemain asal Jepang adalah mereka tidak bisa berbahasa Inggris. Itu adalah masalah yang harus diatasi pendidikan di Jepang,” ujar Yoshida. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.