Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Perbaikan Sepakbola, Bos PSSI Siap Tindaklanjuti Rekomendasi TGIPF

Rabu, 9 November 2022 18:20 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat rapat bersama tim Exco. (Foto : PSSI)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat rapat bersama tim Exco. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan pihaknya akan menindaklanjuti rekomendasi, baik dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) maupun dari Komnas HAM. 

Pihaknya juga sudah membentuk gugus tugas (task force) untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia.

“Kami telah menjalankan salah satu rekomendasi yang dikeluarkan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yaitu rekomendasi untuk dilakukan Kongres Luar Biasa yang kami sampaikan sebagai hasil rapat EXCO untuk mempercepat KLB,” ujar Mochamad Iriawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/11). 

Baca juga : Gelar Pameran Buku Bertaraf Internasional, IKAPI Gandeng Kemendes PDTT

“Keputusan KLB juga didasarkan keinginan agar kompetisi sepak bola, sebagai marwah sepak bola, dapat bergulir kembali,” kata dia menambahkan.

Iwan Bule, sapaannya memastikan, setiap langkah yang dia lakukan menindaklanjuti rekomendasi telah disesuaikan dengan statuta dan regulasi PSSI berpedoman pada induk organisasi sepakbola dunia atau FIFA. 

“Perlu kami sampaikan bahwa semua langkah-langkah yang kami lakukan didasarkan pada Statuta dan Regulasi PSSI yang dibuat sesuai pedoman yang disediakan oleh FIFA sebagai regulator tertinggi di bidang sepak bola dunia. Langkah-langkah yang kami lakukan juga sesuai dengan arahan Bapak Presiden, PSSI, FIFA, Polri dan Kementerian kementerian terkait (Tim Task Force),” kata Iwan.

Baca juga : Masih Trauma, Program Latihan Skuad Arema Ikuti Rekomendasi Psikolog

Iwan mengatakan, saat ini PSSI sedang bekerja melakukan evaluasi menyeluruh terhadap regulasi-regulasi di bidang sepak bola dan mensinkronkan regulasi-regulasi tersebut dengan peraturan-peraturan lain.

Iwan juga menjelaskan tentang catatan PSSI selama kepengurusannya. Ia mengatakan, PSSI telah melakukan berbagai transformasi positif dalam dunia persepakbolaan Indonesia, ntara lain dengan meningkatkan kesejahteraan para hakim garis sebagai salah satu upaya memberantas judi bola. 

“Setiap wasit dikawal mulai saat memasuki arena laga, hingga selesainya laga dan saat keluar arena. Ini meghindarkan upaya-upaya yang dapat mempengaruhi pengaturan skor dalam setiap pertandingan di kompetisi sepak bola Indonesia,” kata dia.

Baca juga : Menpora Buka Turnamen Sepak Bola Piala Rektor Uncen 2022

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.