Dark/Light Mode

GM Utut Pimpin Rapat ASEAN Chess Confederation Annual General Meeting

Minggu, 20 November 2022 08:20 WIB
Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia Utut Adianto (tengah depan). (Foto: Istimewa)
Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia Utut Adianto (tengah depan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebuah kegiatan bertajuk “ASEAN Chess Confederation Annual General Meeting” untuk memilih Dewan Pengurus ASEAN Chess Confederation (ACC) periode 2022-2025, dilaksanakan di Jakarta, Sabtu (19/11).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari terpilihnya Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Grandmaster Utut Adianto menjadi Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia pada Kongres FIDE di Chennai, India, 5 Agustus 2022. Di awal kepemimpinannya, Utut Adianto sebagai Presiden FIDE Zona 3.3 segera melakukan koordinasi untuk membentuk kepengurusan Dewan Asean Chess Confederation (ACC) yang baru, yang melibatkan anggota dari negara-negara (federasi-federasi) ASEAN yang tergabung di zona 3.3 Asia.

Baca juga : Bupati Terbit Rencana Perangin Angin Segera Jalani Persidangan

Zona 3.3 Asia terdiri atas 17 negara anggota FIDE, yaitu negara ASEAN (Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam) ditambah Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Macau, Mongolia, dan Taiwan. 

Sebagai Presiden FIDE Zona 3.3 Asia yang baru, GM Utut Adianto menyampaikan, kepengurusan yang dipimpinnya ini sedapat mungkin bisa  menyatukan masyarakat catur di kawasan ASEAN dan Timur Jauh. “Kita harus bisa menjembatani berbagai perbedaan atau persoalan yang ada, sehingga ke depan prestasi catur di zona 3.3 Asia akan semakin baik. Karena kita memiliki potensi untuk melahirkan pecatur-pecatur andal,” ujarnya.

Baca juga : Australia Redam Serangan Negara Penentang Aukus

Selain memilih pengurus Dewan ACC periode 2022-2025, rapat yang dihadiri federasi catur dari hampir seluruh negara ASEAN ini juga membahas berbagai hal. Di antaranya adalah Kalender Turnamen Catur 2023-2025 untuk kawasan ASEAN, juga berbagai usulan terkait dengan kegiatan catur di kawasan zona 3.3 Asia.

Negara-negara yang hadir dan mengikuti ASEAN Chess Confederation Annual General Meeting adalah Laos, Myanmar, Thailand, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina dan tentu saja Indonesia sebagai tuan rumah. Anggota negara ASEAN yang berhalangan hadir hanya Kamboja.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.