Dark/Light Mode

Dr. Misbah Fikrianto

Pentingnya Semangat Kemerdekaan untuk Generasi Muda

Minggu, 16 Agustus 2020 17:33 WIB
Analis Kebijakan Madya Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Misbah Fikrianto (Foto: Istimewa)
Analis Kebijakan Madya Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Misbah Fikrianto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 merupakan momentum strategis untuk seluruh rakyat Indonesia bersyukur dan terus menjadikan pembangunan bangsa Indonesia sebagai upaya bersama yang dilakukan. Hasil perjuangan pahlawan nasional memberikan makna mendalam dan sejarah yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tanggal 17 Agustus setiap tahunnya dijadikan sebagai peringatan yang strategis baik dalam meneladani nilai-nilai pahlawan dan perjuangannya, maupun upaya untuk membangun dan mengisi kemerdekaan.

Setiap peringatan Hari Kemerdekaan, kita wajib mengikuti upacara bendera, hanya pada tahun ini dapat dilaksanakan melalui daring. Harapannya, makna dan kekhidmatan hari kemerdekaan terus ada dalam hati manusia. Semua proses peringatan hari kemerdekaan harus dilakukan secara utuh dan konstitusional, sehingga memberikan semangat perubahan dan semangat akuntabilitas.
    
Semangat Kemerdekaan bagi Generasi Muda
Sebagai generasi muda yang produktif, kita harus terus melakukan kontribusi nyata untuk kemajuan Indonesia. Usia pemuda memang usia yang sangat aktif dan dinamis. Rentang usia 15-30 tahun, usia pendidikan tinggi 19-23 tahun, merupakan kondisi dimana generasi muda sangat produktif. Walaupun kondisi pandemi Covid-19, kita harus terus menorehkan karya-karya untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Generasi muda yang masih sekolah, baik pada jenjang pendidikan dasar, jenjang pendidikan menengah, maupun jenjang pendidikan tinggi, harus menjadi contoh dan memberikan praktik baik untuk generasi selanjutnya. Generasi muda harus memiliki skill atau kemampuan yang baik dan akhlak yang mulia sesuai dengan nilai-nilai yang ada.

Baca juga : Program Pembagian Masker Di Kuningan Di Semangatin Mendagri

Kita harus banyak belajar dan memberikan karya nyata, sehingga masyarakat melihat generasi muda dengan banyak karya produktif dan inovatif. Apa yang dilakukan sekarang akan memberikan makna perubahan dan dampak pengaruh pada masa depan. Kita terus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Generasi muda mengedepankan idealisme yang baik dan perilaku yang baik, sehingga menjadi bekal menjadi pemimpin di masa depan.

Potensi yang Harus Dikembangkan
Indonesia memiliki banyak kekayaan, di antaranya memiliki 260 juta lebih populasi, 17.000 lebih pulau, 34 provinsi, dan kekayaan alam yang masih banyak lagi. Kekayaan tersebut harus dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik. Kekayaan tersebut harus memberikan peningkatan pendapatan, pengembangan potensi alam, pengembangan potensi kebudayaan, dan pengembangan potensi ekonomi produktif yang luar biasa. Semua potensi tersebut menjadi asset dan kekuatan yang memberikan dampak ekonomi untuk kemajuan bangsa.

Kemajuan ekonomi harus terus didorong dan ditingkatkan. Kita melihat masih beberapa sektor yang belum aktif. Kemampuan yang berpikir kolektif menjadi dasar untuk kita semua memiliki tanggungjawab sosial kepada sesama. Pidato Presiden Jokowi yang mendorong adanya lompatan dan kebangkitan ekonomi sangatlah bagus. Kebijakan tersebut harus dipercepat oleh semua sektor. Kita mulai dari pengembangan potensi yang dimiliki oleh generasi muda. Generasi muda terus memaknai nilai-nilai kemerdekaan pada setiap aktivitasnya, sehingga rasa perjuangan, emphaty, dan toleransi begitu terlihat dengan baik.  

Baca juga : Bangkitkan Semangat Kemerdekaan, LPP RRI Gelar Malam Apresiasi Puisi

Semarak dan meriahnya perayaan hari kemerdekaan sangat dirasakan sampai ke daerah-daerah. Hampir semua lapisan masyarakat mengikuti kegiatan-kegiatan didaerah. Semoga tahun ini walaupun diganti dengan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan makna mendalam tentang banyak nikmat yang harus disyukuri. Kita juga prihatin dengan kondisi kesehatan dan ekonomi bangsa yang terus harus ditingkatkan, semoga semangat kemerdekaan mendorong kita semua untuk bekerja sama, bahu membahu, bergandengan tangan, dan gotong royong memberikan perbaikan untuk kita semua.

Sektor Utama Pembangunan Bangsa
Kondisi 75 tahun Indonesia Merdeka harus memberikan pengaruh pada kemajuan sumber daya manusia. Kalau kita bicara sumber daya manusia, maka sektor pendidikan merupakan sektor utama. Pendidikan merupakan sektor strategis yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Proses pendidikan dilakukan secara utuh, baik yang berkaitan dengan peningkatan pengetahuan, pengembangan sikap, dan pengamalan terhadap suatu karya.

Proses pendidikan yang diselenggarakan baik oleh pemerintah maupun sektor swasta harus memiliki standar mutu yang tidak jauh berbeda. Penerapan standar nasional pendidikan maupun standar nasioanal pendidikan tinggi harus dilakukan secara berkelanjutan dan utuh, sehingga lembaga pendidikan secara aktif terpacu untuk meningkatkan kualitasnya. Pendidkan dilakukan sedini mungkin, karena banyak sekali guncangan yang dialami generasi muda. Besar harapannya, kemajuan pendidikan memberikan makna kemajuan bangsa Indonesia seutuhnya.

Baca juga : Jasa Raharja Pastikan Santunan Korban Meninggal Kecelakaan Jember, Cair Dalam 1x24 Jam

Penulis: Koordinator Prestasi Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Khusus/Analis Kebijakan Madya, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kenudayaan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.