Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jepang vs Kosta Rika

Tim Samurai Biru Siap Amanin Tiket 16 Besar

Minggu, 27 November 2022 07:00 WIB
Daizen Maeda. (Foto: Net).
Daizen Maeda. (Foto: Net).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Jepang akan bersua Kosta Rika pada laga kedua babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022, di Ahmed bin Ali Stadium, nanti sore. Mereka harus menang untuk mengamankan tiket ke babak 16 besar.

Sebelumnya, Jepang sempat mengejutkan dunia dengan menggebuk Timnas Jerman dengan skor 1-2 pada Rabu (23/11).

Dengan demikian, Jepang menjadi tim kedua asal Asia setelah Arab Saudi yang berhasil mengalahkan salah satu tim unggulan di Piala Dunia 2022 kali ini. Yaitu, Timnas Argentina dengan skor 2-1 pada Selasa (22/11).

Namun demikian, perjuangan Jepang yang kini diasuh Hajime Moriyasu tetap layak diacungi jempol ketimbang Arab Saudi. Mereka mampu menggilas juara Piala Dunia 2014 itu dengan cara apik.

Berita Terkait : Ajang Pembuktian Tim Matador Muda

Ini jelas menjadi modal berharga bagi Takehiro Tomiyasu dan kawan-kawan untuk menyambut laga kedua melawan Kosta Rika, yang baru saja babak belur.

Ya, tim asal Amerika Latin itu baru saja dihajar membabi buta oleh Timnas Spanyol. Skornya pun cukup telak, tujuh gol tanpa balas. Dan ini menjadi skor terbesar di Piala Dunia 2022 saat ini.

Oleh sebab itu, dengan bermodalkan kemenangan atas Jerman, Jepang tentunya lebih dari bisa mengamankan tiga poin melawan Bryan Ruiz cs.

Tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 pun bakal bisa mereka raih, jika kemenangan itu bisa diraih tim berjuluk Samurai Biru itu.

Berita Terkait : Indonesia Dinilai Siap Transisi Energi Bersih

Pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu mengatakan, kemenangan atas Jerman telah membuat skuadnya sedikit agak tenang jelang lawan Kosta Rika. Dia juga memastikan, timnya siap memberi kejutan lain di Piala Dunia 2022 Qatar.

“Yang kami pikirkan sekarang adalah pertandingan selanjutnya yang ada di depan. Sama seperti yang biasa kami lakukan. Berikutnya ada Kosta Rika, lalu Spanyol,” kata Moriyasu, seperti dilansir Tribal Football, kemarin.

“Sangat wajar jika kami ingin lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 setelah kemenangan lawan Jerman. Tentu kami juga ingin hasil maksimal di dua laga berikutnya,” sambung pelatih berusia 54 tahun itu.

Timnya selalu memikirkan hal-hal yang bisa dilakukan dengan lebih baik, dan mulai mempersiapkan diri untuk pertandingan berikutnya dengan cara positif.

Berita Terkait : Andika Cium Ada Serangan Siber

“Jerman adalah tim yang kuat dan saya tahu kami harus bertahan dengan baik dan juga menyerang,” ujarnya. ■