Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buka Kejurnas Senior Gulat Puan Maharani Cup 2022

Puan Kutip Pidato Bung Karno

Selasa, 29 November 2022 08:00 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Foto: dpr.go.id).
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Foto: dpr.go.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Pusat Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PP PGSI) menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Senior Gulat Puan Maharani Cup 2022 di Pardede Hall, Medan,Sumatera Utara, pada tanggal 28 November 2022 sampai 1 Desember 2022.

Pembukaan Kejurnas digelar Senin, 28 November 2022. Ketua DPR RI Puan Maharani sedianya akan membuka kejurnas ini. Namun, berhalangan hadir. Ketua Umum PP PGSI Periode 2022-2026 Trimedya Panjaitan yang membuka Kejurnas sekaligus membacakan sambutan tertulis dari Ketua DPR RI.

Di awal sambutan tertulisnya, mengutip pidato Presiden Soekarno pada PON V tahun 1961 di Bandung, Puan Maharani menyatakan, “Dalam meraih kejuaraan, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga, bangsa, dan negara.”Ini menunjukkan bahwa kompetisi olahraga selain untuk memasyarakatkan olahraga yang dapat mendorong gaya hidup sehat, juga merupakan sumber kebanggaan bangsa, pemupuk nasionalisme bangsa.

Baca juga : KPK Siap Ladeni Gugatan Praperadilan Bambang Kayun

“Lihat saja dalam berbagai kompetisi internasional, betapa kita ikut bersemangat melihat atlet-atlet Indonesia ketika bertanding dengan negara lain. Ketika mereka menang, kita ikut bergembira. Ketika mereka kalah, kita ikut menangis,” tandas Puan.

Tetapi kita sadar, lanjutnya, bahwa yang namanya prestasi itu tidak bisa dibuat secara instan. Sebelum prestasi maka perlu ada kompetisi untuk mengasah mental, pengalaman, dan strategi bertanding. Dan sebelum ada kompetisi perlu ada latihan yang terus menerus dilakukan untuk melatih fisik.

Karena itu Puan menyatakan mendukung diselenggarakannya Kejurnas Senior Gulat Puan Maharani Cup Ke-1 sebagai bagian untuk meningkatkan prestasi cabang olahraga (cabor) gulat di Indonesia. “Sehingga cabor gulat Indonesia dapat menjadi sumber kebanggaan bangsa, sumber penguatan semangat nasionalisme Indonesia,” katanya.

Baca juga : Kadin Dapat Kado Istimewa

“Torehan prestasi dari atlet-atlet gulat Indonesia telah membuktikan mereka mampu berbuat sesuatu yang hebat untuk tanah air tercinta,” sambungnya.

Ketua DPR RI perempuan pertama ini meyakini, gulat merupakan salah satu cabang olah raga yang patut terus dikembangkan karena memiliki potensi untuk semakin bersinar hingga di kejuaraan internasional. “Sehingga nyala semangat dan optimisme tersebut perlu untuk terus kita hidupkan,” ujarnya.

Menurut Puan, DPR RI berkomitmen mendorong peningkatan olahraga Indonesia. Pada bulan Maret 2022 DPR RI dan Pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan. Ini merupakan wujud komitmen kuat negara untuk menjadikan olahraga sebagai daya pendorong, untuk mencapai bangunan nasional baik dari segi pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik,maupun sosial dan budaya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.