Dewan Pers

Dark/Light Mode

Inggris Vs Senegal

Dua Singa Saling Gigit

Minggu, 4 Desember 2022 07:00 WIB
Harry Kane. (Foto: Getty Images).
Harry Kane. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Inggris akan bersua dengan Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Laga ini akan digelar di Al Bayt Stadium, dini hari nanti.

Eks striker Senegal, El Hadji Diouf, memperingatkan pasukan The Three Lions – julukan Inggris, siap-siap tersingkir. Bahkan, Singa Dari Teranga – julukan Senegal, siap mengigit Inggris.

Inggris lolos ke 16 besar dengan predikat sebagai juara Grup B. Di penyisihan grup, tim asuhan Gareth Southgate itu meraih dua kemenangan dan sekali hasil imbang.

Sementara, Senegal mengulangi kesuksesan El Hadji Diouf cs pada edisi 2002 dengan lolos ke fase knock out sebagai runner-up Grup A.

Jelang babak knock out nanti, eks striker Senegal, El Hadji Diouf, yang kini bekerja sebagai penasihat di tim Senegal yang dibesut mantan rekan setimnya, Aliou Cisse, memberi peringatan kepada Inggris. Dia meminta Harry Kane Cs tidak meremehkan negaranya.

Berita Terkait : Neymar Siap Tampil Hadapi Pasukan Korsel

“Momen ini mengingatkan saya ketika kami bermain melawan Prancis di Piala 2002. Waktu itu, mereka pikir telah memenangkan pertandingan sebelum mereka memainkannya,” kata Diouf seperti dikutip The Sun, kemarin.

Diouf percaya bahwa Senegal bakal mampu menyingkirkan Inggris jika pertandingan berlanjut hingga ke babak adu penalti.

“Saya kenal betul kiper yang kami punya (Edouard Mendy dari Chelsea). Jadi saya tahu jika pertandingan berlanjut hingga adu penalti, kami akan memenangkannya. Mudah,” tutur Diouf.

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate memastikan timnya tidak akan meremehkan Senegal. Walaupun, Inggris lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai salah satu pencetak gol terbanyak selama fase grup Piala Dunia 2022. Yakni, dengan membukukan total 9 gol, dan hanya Timnas Spanyol saja yang mampu menyamai raihan gol tersebut.

“Kami paham secara peringkat kami menjadi favorit. Tetapi mereka adalah tim yang sangat berbahaya. Kami akan hati-hati melawan mereka (Senegal),” kata Southgate seperti dikutip laman resmi FIFA, kemarin.

Berita Terkait : Kritikus Inggris Munafik!

Di fase knock-out nanti, Harry Kane kemungkinan akan berhadapan dengan Edouard Mendy yang mengawal gawang lawan.

Bukan tidak mungkin, duel antara kedua pemain ini bakal turut mewarnai pertandingan di atas lapangan.

Terlebih, Kane sejauh ini belum mencetak gol dari tiga laga yang telah dimainkannya selama Piala Dunia 2022.

Sementara, ketangguhan Édouard Mendy dalam mengawal gawang Senegal akan mendapatkan ujian yang tidak ringan.

Selama fase grup, kiper asal Chelsea ini tidak pernah clean sheet alias selalu kebobolan.

Berita Terkait : Penantang Dihantui Kutukan

Dari tiga kali turun ke atas lapangan, duel melawan Ekuador bisa dikatakan menjadi partai yang paling berat lantaran Mendy melakukan total tiga kali save.

Sedangkan saat melawan Qatar, dia melakukan dua kali penyelamatan dan satu kali save untuk bentrok melawan Belanda.

Aksi Édouard Mendy di bawah mistar gawang kini diandalkan lagi oleh pelatih Senegal, Aliou Cisse.

Terlepas tidak pernah clean sheet, gawang yang dijaga eks kiper Rennes ini menjadi benteng terakhir dalam menahan gempuran para pemain The Three Lions.

“Ini akan menjadi babak baru bagi kami. Kami tahu sedang melaju ke sistem gugur, yang sama sekali berbeda dari yang biasa kami mainkan di pertandingan (grup),” ujar Aliou Cisse. ■