Dark/Light Mode

Wakil Asia Di Piala Dunia

Nyawanya Sampai Di Babak 16 Besar

Rabu, 7 Desember 2022 06:40 WIB
Son Heung Min minta maaf usai Korea Selatan tersingkir dari Piala Dunia 2022. (REUTERS/MATTHEW CHILDS)
Son Heung Min minta maaf usai Korea Selatan tersingkir dari Piala Dunia 2022. (REUTERS/MATTHEW CHILDS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Habis sudah wakil Asia di Piala Dunia 2022. Tiga wakil Asia yang masuk babak 16 besar, semuanya tumbang. Jepang yang kalah ada penalti 1-3 dari Kroasia, Korea Selatan yang tumbang 1-4 dari Brazil. Lalu, Australia, yang juga masuk zona Asia dalam Piala Dunia, kalah 1-2 dari Argentina.

Untuk Jepang, sebenarnya mampu maju ke babak 16 besar dengan gaya. Tim berjuluk Samurai Biru itu lolos dengan menjadi juara Group E, dengan sukses menumbangkan Jerman dan Spanyol di babak penyisihan.

Namun, di babak 16, Jepang harus gigit jari usai kalah lewat adu penalti. Berimbang 1-1 selama 120 menit, Samurai Biru tumbang dalam babak tos-tosan 1-3 dan kejutannya di Piala Dunia 2022 terhenti.

Baca juga : Raheem Sterling Pulang Kampung

Selang satu jam kemudian, giliran Korea Selatan tumbang. Menghadapi Brazil, yang memang menjadi unggulan di Piala Dunia ini, nasib The Taeguk Warriors lebih tragis dari Jepang, kalah tumbang dengan skor 1-4.

Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu tetap memberikan apresiasi yang tinggi untuk anak-anak asuhnya meski harus tersingkir di Piala Dunia 2022. Moriyasu melihat perjalanan Samurai Biru pada Piala Dunia tahun ini sebagai sebuah mimpi besar. Ia mengaku melihat masa depan sepak bola Jepang yang lebih cerah.

"Kami bermain selama 120 menit dan mereka mengambil penalti sangat berani. Saya ingin memuji upaya mereka. Mereka berusaha di bawah tekanan yang sangat besar," ujar Moriyasu, seperti dikutip Reuters.

Baca juga : Adu Trengginas

Moriyasu menegaskan, Jepang sangat ingin menang sehingga bisa lolos ke babak perempat final. Namun, nasib berkata lain. “Kami tidak dapat menembus penghalang menuju babak delapan besar, tetapi para pemain mampu menunjukkan generasi baru dari sepak bola Jepang," ujarnya.

Dia pun senang, karena perjalanan sepanjang awal pembukaan Piala Dunia sudah membuat tim Jepang semakin terasah. Sejumlah negara dengan pemain top dunia mampu dikalahkan.

"Kami mengalahkan Jerman dan Spanyol, keduanya juara Piala Dunia. Kami harus percaya diri dengan kemampuan kami. Saya pikir ada masa depan yang berbeda untuk sepak bola Jepang," imbuhnya.

Baca juga : Lautaro Martinez Dijuluki Higuain 2.0

Kegagalan Jepang menembus delapan besar merupakan catatan keempat kali berturut-turut dalam tiap gelaran Piala Dunia. Sebelumnya Jepang kalah dari Turki, Paraguay, dan Belgia di tiap babak 16 besar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.