Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jepang Vs Kroasia

Awas, Teror Samurai Biru

Senin, 5 Desember 2022 07:00 WIB
Luka Modric. (Foto: EFE).
Luka Modric. (Foto: EFE).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duel tim raksasa Asia dan Eropa, Jepang dan Kroasia akan digelar malam ini di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar. Laga adu kuat ini diprediksi bakal panas, demi mendapat tiket ke perempat final Piala Dunia.

Timnas Jepang telah membuat teror dengan lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara di Grup E. Secara mengejutkan, mereka bahkan berhasil mengalahkan tim kuat Eropa yakni Spanyol dan Jerman dalam babak kualifikasi.

Yang paling spektakuler, tim berjuluk Samurai Biru itu juga berhasil menumbangkan Spanyol 2-1 di laga pamungkas penyisihan grup. Dengan modal itu, wakil Asia itu kini bersiap melanjutkan kejutannya di ajang World Cup 2022, saat bersua Kroasia yang banyak mengandalkan skuad runner-up Piala Dunia 2018 silam.

Baca juga : Pengikut Gue Sung Tembus 2 Juta

Berdasarkan rekor pertemuan, kekuatan keduanya masih relatif berimbang. Dari tiga pertemuan di semua ajang, Jepang meraih sekali kemenangan dan Kroasia juga memetik 1 kali hasil maksimal. 1 partai tersisa berakhir seri.

Pertandingan pertama tersaji pada turnamen non resmi Piala Kirin 1997. Samurai Biru menang 4-3 di Stadion Nasional Yoyoki, Tokyo. Partai berikutnya digeber di Piala Dunia 1998 Prancis Grup H. Vatreni alias Timnas Kroasia unggul tipis 1-0 lewat gol tunggal Davor Šuker di Stadion de la Beaujoire, Nantes.

Kroasia dan Jepang kembali bertemu di Piala Dunia 2006 di Jerman Grup F. Kali ini laga berakhir imbang dengan skor kaca mata alias 0-0 di Stadion Max-Morlock, Nürnberg.

Baca juga : Van Gaal Pede Oranye Juara

Setelah berduel 16 tahun silam, kedua kubu kembali bersua dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022. Jepang menjadi salah satu tim kejutan. Pasukan arahan Hajime Moriyasu itu menghancurkan 2 kekuatan besar asal Eropa, Jerman dan Spanyol.

Takefusa Kubo dan kawan-kawan sekarang bakal mengincar tiket perempat final Piala Dunia untuk pertama kali sepanjang sejarah. “Kami mampu menang melawan tim seperti Jerman dan Spanyol, seharusnya harapan tidak hanya diberikan kepada Jepang, tetapi juga semua negara Asia yang bersaing di pentas dunia,” kata Hajime Moriyasu seperti dikutip dari laman JFA (Japan Football Association), kemarin.

Jepang mengincar target lolos ke delapan besar. Sejauh ini, Jepang sudah empat kali mencapai babak 16 besar tapi selalu tersisih. Edisi Qatar ini pun menjadi kesempatan emas mereka untuk menembus delapan besar pertama kalinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.