Dark/Light Mode

RIP Pele, Selamat Main Bola Di Langit, Bersama Maradona

Jumat, 30 Desember 2022 09:30 WIB
Pele (kanan) dan Maradona (Foto: GOAL)
Pele (kanan) dan Maradona (Foto: GOAL)

RM.id  Rakyat Merdeka - Legenda sepak bola Brazil Pele, yang merupakan salah satu pemain terbaik dunia, menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 82 tahun di RS Albert Einstein Sao Paulo, Kamis (29/12) sore waktu setempat.

Pihak rumah sakit menyebut, Pele tutup usia akibat kanker usus besar, yang berujung pada kegagalan sejumlah organ penting.

Kabar kematian ini, dikonfirmasi putri Pele, Kely Nascimento melalui media sosial. 

"Kami mencintaimu selamanya. Beristirahatlah dalam damai," ujar Kely via Instagram.

Baca juga : Mahyudin Dan TGB Layak Masuk Bursa Menteri

Rencananya, pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu akan dimakamkan di Santos, arah tenggara Sao Paulo, tempat dia bermain sepak bola dari tahun 1956 hingga 1974.

Brazil menyatakan berkabung dua hari, untuk menghormati pahlawan Piala Dunia di tiga kali event itu.

Setahun terakhir, Pele telah masuk dan keluar dari rumah sakit. Dia berjuang melawan kanker usus besar yang menggerogotinya.

Selama setahun terakhir, Pele menepis kekhawatiran atas kesehatannya. Dia terus berterima kasih kepada para fans, atas dukungan yang terus mengalir.

Baca juga : Ingin Mental Tetap Sehat Dan Kuat? Dekati 7 Orang Ini

"Saya ingin memberi tahu Anda semua, bahwa saya baik-baik saja. Saya merasa lebih baik setiap hari. Topeng pun tak dapat menyembunyikan kebahagiaan saya. Terima kasih banyak untuk kalian semua, yang senantiasa melimpahkan energi baik setiap hari," tulisnya dalam postingan Instagram, medio November 2021.

Di tengah masa rawatnya di RS Albert Einstein, di tengah perhelatan akbar Piala Dunia 2022, Pele juga menghaturkan ucapan terima kasih atas dukungan untuk dirinya.

2 Desember 2022, Pele memasang foto sebuah menara di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar. Foto diri dan doa kesembuhan untuk Pele, terpantul dari lampu menara tersebut. 

4 Desember 2022, Pele memajang surat keterangan dari RS Albert Einstein. Keterangan yang disampaikan Ahli Geriatri dan Endokrin dr. Fabio Nasri, Ahli Onkologi dr. Rene Gansl, dan Direktur-Pengawas Layanan Medis dan Rumah Sakit dr. Miguel Cendoroglo Neto menyebut, Pele dirawat pada 29 November 2022, untuk penilaian ulang pengobatan kemoterapi kanker usus besar, yang teridentifikasi pada September 2021.

Baca juga : Minibus Kecemplung Laut Dari KMP Shalem Berhasil Dievakuasi, ASDP Minta Maaf

"Pele masih menjalani perawatan. Dia juga memiliki respon yang baik. Kondisi stabil, tidak memburuk dalam 24 jam terakhir," demikian keterangan tim dokter RS Albert Einstein kala itu.

Pele yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA Abad Ini bersama legenda Argentina Diego Maradona pada tahun 1999, menghabiskan masa pensiunnya sebagai duta global untuk sepak bola. Serta misi kemanusiaan lainnya.

Ketika Maradona meninggal, Pele mengungkapkan angannya untuk kembali bertemu dengan sahabatnya itu. Dia melangitkan doa, agar bisa bersama-sama memainkan si kulit bundar di keabadian.

“Suatu hari nanti, saya harap, kita bisa bermain sepak bola bersama di langit," begitu lantunan doa Pele di momen duka itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.