Dark/Light Mode

Tahan Imbang Vietnam Tanpa Gol

Garuda Siap Kerja Keras Di Hanoi...

Sabtu, 7 Januari 2023 07:00 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Doan Van Hau (kedua kiri) dalam pertandingan leg 1 babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pertandingan berakhir seri dengan skor 0-0. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww).
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Doan Van Hau (kedua kiri) dalam pertandingan leg 1 babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pertandingan berakhir seri dengan skor 0-0. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tuan rumah Indonesia gagal meraih kemenangan pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022, setelah ditahan imbang Vietnam tanpa gol, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, kemarin. Tim Garuda wajib menang di leg kedua di Hanoi, Senin (9/1) mendatang.

Meski peluang lolos ke semifinal masih terbuka, hasil imbang di SUGBK ini membuat langkah pasukan Shin Tae-yong menuju final menjadi berat. Pasalnya, Vietnam akan menjadi tuan rumah pada leg kedua yang akan berlangsung di Stadion Nasional, Hanoi, Senin (9/1).

Untuk lolos, Indonesia butuh kemenangan atau minimal imbang dengan gol di Hanoi, untuk bisa lolos karena keunggulan gol tandang. Namun, kemenangan bahkan hasil imbang bukan hal yang mudah didapat pasukan Garuda.

Baca juga : Tim Garuda Jangan Kendor

Menjadi tuan rumah, Vietnam dipastikan akan bermain menyerang, tidak seperti di leg pertama. Belum lagi tekanan yang akan dihadapi para pemain Indonesia dari pendukung Vietnam.

Namun, Shin Tae-yong mengaku tak khawatir soal mental skuad Garuda. Dia meyakinkan timnas, sekarang punya modal mentalitas yang lebih baik. Dia optimistis Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan siap tahan banting di leg kedua.

“Seperti yang dibicarakan kemarin, saya memilih para pemain saat ini yang berlatih (bersama) satu tahun lebih. Jadi, tolong diketahui (Timnas) Indonesia saat ini bukan seperti yang dulu. Mental dan fisik semuanya berbeda, tidak perlu dikhawatirkan bermain tandang,” kata Shin usai laga.

Baca juga : Ganjar Pranowo Kian Tancap Gas Entaskan Kemiskinan Di Jateng

Dia akan mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin. Hasil pertandingan yang akan berbicara nanti.

Permainan keras ditampilkan Vietnam. Beberapa kali tekel pemain Vietnam memancing protes. Salah satunya ketika Doan Van Hau selamat dari hukuman kartu, usai mengangkat dua kakinya ke Dendy Sulistyawan.

“Semua keputusan dari wasit. Bisa jadi kartu merah jika lihat videonya, tapi itu bagian dari pertandingan, jadi saya sulit mengomentari,” ucap Shin.

Baca juga : Abdul Aziz Siap Kerja Keras Agar Persib Tetap Teratas

Shin menyayangkan di laga kandang tak bisa memetik kemenangan. Meski ada beberapa peluang yang tidak bisa dikonversi menjadi gol, Shin menilai, tim bekerja maksimal. Dua tembakan mengarah ke gawang dihasilkan Indonesia.

Di kubu Vietnam, Pelatih Park Hang-seo puas atas hasil imbang tersebut, lantaran sesuai target tidak kalah di leg pertama. Dia yakin Vietnam bisa lebih kuat lagi di pertemuan kedua. “Anak-anak bermain dengan semangat tinggi,” katanya.

Sementara, satu semifinal lainnya akan mempertemukan Thailand dan Malaysia. Leg pertama akan berlangsung di kandang Malaysia, Sabtu (7/1). Sedangkan leg kedua akan berlangsung di Bangkok, Selasa (10/1) mendatang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.