Dark/Light Mode

Piala AFF U-18, Indonesia Tekuk Laos 2-1

Selasa, 13 Agustus 2019 06:00 WIB
Kemenangan Indonesia ataa Laos  dengan skor 2-1 di Binh Duong, Senin (12/8). (Foto: Istimewa).
Kemenangan Indonesia ataa Laos dengan skor 2-1 di Binh Duong, Senin (12/8). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia lolos ke semifinal setelah dalam laga keempat Grup A Piala AFF U-18 2019, Indonesia mampu memetik kemenangan dengan skor 2-1 atas Laos di Binh Duong, Senin (12/8) sore.

Selepas kick off, Indonesia langsung tancap gas. Sedangkan, Laos sangat hati-hati dalam menjaga wilayah pertahanannya.

Meski mengusai jalannya pertandingan di lima menit awal, Indonesia malah hampir kebobolan pada menit 6. Beruntung bagi Indonesia, tendangan bebas Channichone Chanthavong bisa dimentahkan kiper Indonesia.

Menit 15, Indonesia memiliki peluang melalui bola mati. Sayang, eksekusi dari David Maulana masih bisa dengan mudah ditangkap oleh Solasak Thilavong.

Baca juga : Menang Telak, Pelatih Fakhri Kecewa Garuda Muda Sempat Kebobolan

Enam menit kemudian, Laos sempat kembali mengancam. Menerima umpan sepak pojok Chony Wenpaserth, Phouvieng Phounsavath melepaskan tendangan setengah voli. Namun, usahanya tersebut masih diantisipasi Ernando Ari.

Indonesia kembali memperoleh peluang di masa injury time. Sayang, sundulan tidak keras Bagus Kahfi bisa ditinju oleh kiper Laos. Di sisa waktu yang ada, Indonesia terus menggempur pertahanan Laos.

Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, kedudukan 0-0. Setelah turun minum justru Indonesia kebobolan pada menit ke-69.

Saat asyik menyerang tidak disangka Laos mampu melancarkan serangan balik dan mencetak gol. Beruntung Indonesia bisa bereaksi cepat. Menit ke-71 Indonesia mencetak gol. Adalah Bagus Kahfi yang menghasilkan gol penyeimbang. Skor menjadi 1-1.

Baca juga : Piala AFF U-18, Merah Putih Berhasil Libas Brunei 6-1

Pada menit-menit terakhir ketegangan menyelimuti skuat Laos. Banyak pemain mereka grogi. Akibatnya Indonesia mampu berbalik unggul. Gol dicetak bunuh diri pemain Laos. Menit ke-91.

Dengan kemenangan ini Indonesia sudah mengumpulkan 12 poin. Hasil dari empat kemenangan. Dengan semua negara punya sisa 1 laga, poin Indonesia sudah tidak terkejar, minimal untuk posisi runner-up.

Di pertandingan terakhir melawan Myanmar, Rabu nanti, Indonesia tinggal mencari posisi juara atau rumner-up grup. Tim pelatih mengaku tidak mau memilih lawan, karena hal itu jauh dari unsur sportivitas. [WUR]

Susunan Pemain Indonesia U-18:

Baca juga : Libas Timor Leste, Garuda Muda Puncaki Grup A

Ernando Ari (GK); Salman Alfarid, Alfeandra Dewangga, Riski Ridho, Bagas Kaffa, Brylian Aldama, David Maulana, Braif Fatari (Beckham Putra 37'), Bagus Kahfi, Sutan Zico (Saddam Emiruddin 85'), Mochammad Supriadi (Fajar Fathurrahman 32').

Laos U-18:

Solasak Thilavong (GK); Khamsanga Phimmasone, Anoulack Vannalath, Thanouthong Kietnalonglop, Saleunxay Phommavong, Akkhom Thoranin (Xayyasith Koulabsavanh 87'), Chony Wenpaserth, Bounmy Pinkeo, Channichone Chanthavong, Phouvieng Phounsavath (Lekto Louang Aphay 76'), Alounnay Lounlasy. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.