Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Laga Persija Vs PSS Sleman Dihentikan Karena Hujan Deras

Pengamat: Momentum Pembenahan Total Stadion Di Indonesia

Sabtu, 24 Desember 2022 15:10 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerhati sepak bola nasional Dr. Amsori Bahruddin Syah menyayangkan kejadian di laga PSS Sleman Vs Persija yang harus dihentikan saat memasuki babak kedua menyusul curah hujan yang deras di Stadion Manahan, Solo, Jumat (23/12) sore.

Amsori mengkritik keras keputusan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule melanjutkan Liga 1 Indonesia tanpa mengevaluasi secara menyeluruh tata kelola sepak bola.

Termasuk, memperhatikan kualitas dan standar seluruh stadion yang akan dijadikan tempat pertandingan.

"Kejadian laga sepak bola yang terpaksa harus dihentikan karena stadion becek itu bagi saya sangat memalukan. Kenapa? karena PSSI terkesan memaksakan Liga 1 tanpa lakukan evaluasi total pasca kasus Kanjuruhan," kata Amsori kepada wartawan, Sabtu (24/12).

Baca juga : Megawati: Hari Ibu Momentum Gelorakan Semangat Juang Perempuan Indonesia

Menurut Amsori, kejadian ini harus menjadi catatan penting bagi PSSI agar lebih cermat dan memahami masalah.

"Harusnya dengan kejadian Kanjuruhan ini PSSI lebih peka, ini loh banyak masalah di sepak bola Indonesia. Soal kelayakan, keamanan dan kenyamanan stadion, juga kualitas pertandingan," tuturnya. 

Dirinya menyayangkan keputusan PSSI untuk memaksakan Liga 1 tanpa melihat keseluruhan rekomen FIFA.

"Masalah ini akan terus muncul kalau PSSI tidak punya sense of crisis dalam melihat persoalan," katanya.

Baca juga : Kolaborasi Seluruh Pemangku Kepentingan, Kunci Sukses Pengembangan Talenta Indonesia

Doktor ilmu politik Universitas Nasional (UNAS) menilai, ditundanya laga antara Persija kontra PSS Sleman kemarin, jadi masalah besar selain kasus Kanjuruhan.

Harusnya, kejadian seperti ini tidak boleh terjadi pada Liga 1. Sebab,  Liga 1 merupakan kontestasi sepak bola tertinggi di Indonesia.

“Itu sangat menunjukkan kondisi lapangan bola kita. Padahal pertandingan liga 1 adalah kasta tertinggi Indonesia. Beda misalkan liga kampung atau liga antara kecamatan sah-sah saja, ini liga tertinggi, live lagi dan dunia bisa tahu dengan terhubungnya sekarang di YouTube,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia menyarankan akan seluruh stadion di Indonesia diaudit dan dilakukan pembenahan besar-besaran. Sebab, ini bukan menyangkut kelayakan, keamanan dan kenyamanan suporter dan pemain.

Baca juga : Qodari: Revolusi PSSI Dimulai Dari Pembenahan Total Stadion Sepak Bola

"Boleh lah liga 1 ini tanpa pemain, tapi kan gak boleh gitu. Kelayakan, keamanan dan kenyamanan ini bukan hanya untuk suporter, tapi juga buat pemain. Sehebat apapun pemain kalau lapangannya becek itu akan merusak kualitas permainan," papar Amsori.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.