Dark/Light Mode

Kritik Langkah Yesayas Oktavianus Gugat Erick Thohir Ke FIFA

Pengamat: Ketakutan Dan Sikap Paranoid

Sabtu, 11 Februari 2023 20:29 WIB
Erick Thohir. (Foto: Ist)
Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat sepak bola Rony Samloy menyoroti sikap calon wakil ketua umum PSSI 2023-2027 Yesayas Oktavianus yang menggugat Erick Thohir ke FIFA. 

Gugatan, berkaitan dengan pencalonan mantan bos Inter Milan tersebut sebagai Ketua Umum PSSI yang dinilai melanggar normal hingga regulasi yang ada dalam tubuh PSSI.

Menurut Samloy, saling serang antar calon merupakan langkah yang kontraproduktif bagi sepak bola Indonesia. Jika melihat dari cara serangan Yesayas Oktavianus, ia melihat seperti ada ketakutan terhadap Erick Thohir.

Baca juga : Zulhas Ajak Erick Thohir, Uya Kuya, Hingga Pasha Ungu

"Serangan Yesayas ini makin menegaskan bahwa Erick Thohir merupakan sosok yang memiliki kapasitas, kualitas dan kapabilitas untuk melakukan perubahan total di tubuh PSSI yang selama ini dihuni oleh para mafia sepak bola," kata Rony Samloy kepada wartawan, Sabtu (11/2).

Dikatakan Samloy, saat ini nama Erick Thohir menjadi calon terkuat dalam kandidasi ketua umum PSSI. Hal itu karena Erick dinilai sebagai sosok yang memiliki kapasitas, kualitas, kapabilitas. Terlebih ada niatan besar untuk bersih-bersih dari tangan kotor di tubuh PSSI.

"Sehingga ada kesan rasa takut, sikap paranoid terhadap keinginan kuat Erick Thohir untuk maju mencalonkan diri dan dalam upaya dia untuk merevolusi sepak bola di PSSI," ungkapnya.

Baca juga : Erick Thohir Sebut Harga Pertamax Bakal Diumumkan Setiap Minggu

Dia menyatakan, meskipun keberatan Yesayas Oktavianus itu hal yang dianggap biasa dalam proses pemilihan di sebuah Kongres, seharusnya lebih kepada perdebatan soal gagasan dan program.

"Kalau ada komitmen mengubah total atau merevolusi sepak bola Indonesia dan perubahan di tubuh PSSI ini, saya pikir ini mesti menjadi sebuah langkah maju, sebuah langkah upaya, yang bisa kemudian diapresiasi oleh seluruh calon yang lain," ucapnya.

Samloy menyatakan, setiap calon harus memiliki komitmen untuk membenahi PSSI agar lebih baik lagi ke depan dengan menyingkirkan orang-orang lama yang menjadi bagian dari sindrom matinya prestasi sepak bola Indonesia. Hal itu seharusnya mendapat dukungan penuh dari semua pihak, termasuk kepada pesaingnya sendiri.

Baca juga : Pengamat: Mereka Hanya Dijadikan Pelengkap Pertandingan

"Keberanian dan komitmen Erick Thohir untuk maju merevolusi sepak bola Indonesia dan kemudian menyingkirkan sosok-sosok lama yang selama ini menjadi bagian dari sindrom matinya prestasi sepak bola Indonesia, maka saya pikir Erick hari ini akan tetap menjadi sosok yang disegani, lalu kemudian diyakini akan mampu melakukan komitmen untuk merubah sepak bola Indonesia," ungkapnya.

Secara pribadi, kata Rony Samloy, ia mengapresiasi komitmen Erick Thohir membenahi sepak bola Indonesia dengan sejuta pengalamannya, baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

"Saya apresiasi Erick Thohir maju mencalonkan diri karena memang dia punya pengalaman, baik ketika dia berani terlibat dalam proses manajemen klub sebesar inter Milan di serie A, dan kemudian juga ada upaya dia untuk membangun beberapa klub sepak bola, ini pertanda bahwa memang Erick Thohir itu sosok yang punya kapasitas kapabilitas jika dibanding sosok-sosok yang lain," akunya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.