Dark/Light Mode

Liga Champions

Tottenham Hotspur Vs AC Milan, The Lilywhites Ingin Kubur Catatan Buruk

Rabu, 8 Maret 2023 09:10 WIB
Para pemain Tottenham Hotspur. (Foto : Ist)
Para pemain Tottenham Hotspur. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim elite Liga Inggris, Tottenham Hotspur, akan menjamu salah satu raksasa Italia, AC Milan, pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Tottenham Hotspur Stadium, Kamis (9/3) dini hari nanti.

Tim asuhan Antonio Conte ini belum menyerah, setelah kalah pada leg pertama di Italia. Wakil Inggris itu siap berjuang untuk mencoba membalikkan keadaan.

Dengan demikian, Rossoneri – julukan AC Milan, tidak boleh lengah jika ingin memastikan diri lolos ke perempat final. Pada leg pertama di San Siro, AC Milan sukses menaklukkan Tottenham Hotspur 1-0 lewat gol cepat Brahim Diaz.

Sayang, Brahim Diaz bakal absen di leg kedua akibat cedera. Salah satu kunci kemenangan AC Milan atas Tottenham di San Siro adalah pertahanan mereka yang sulit ditembus.

Barisan belakang AC Milan yang digalang Malick Thiaw, Simon Kjaer dan Pierre Kalulu, bahkan sanggup membuat Son Heung-Min, Dejan Kulusevski serta Harry Kane tak bisa melepas satu shot on target pun ke gawang Ciprian Tatarusanu.

Baca juga : The Reds Nahas

AC Milan baru menelan pil pahit di pentas Serie-A, yakni saat dipaksa kalah 1-2 oleh Fiorentina. Akan tetapi, itu masih sedikit lebih baik daripada Tottenham yang berturut-turut kalah 0-1 dari Sheffield United di Piala FA dan Wolverhampton di liga.

Tottenham Hotspurs tersingkir dari Piala FA dua musim beruntun dari tim-tim Divisi Championship (Middlesbrough & Sheffield United) alias kasta kedua Liga Inggris. Asisten Pelatih Tottenham Hotspur, Cristian Stellini, menegaskan, timnya belum memiliki mental pemenang untuk menuntas dahaga trofi.

Teraktual, Spurs secara mengejutkan dikalahkan tim Divisi Championship, Sheffield United, dengan skor 1-0 pada ronde kelima Piala FA di Bramall Lane, Kamis lalu.

“Itu datang dari waktu yang lama, bukan hanya musim ini,” ujar Stellini, yang masih mendampingi Spurs untuk sementara waktu, menyusul masa pemulihan Manajer Antonio Conte pasca operasi pengangkatan kantung empedu.

“Setiap musim, terkadang lebih baik dan terkadang lebih buruk. Setiap musim serupa, Tottenham tersingkir di putaran kelima Piala FA. Kami harus mengubah ini. Kami ingin mengubah ini,” tutur pelatih asal Italia itu.

Baca juga : AC Milan Vs Atalanta, Menguji Racikan Baru Pioli

Belum memenangkan trofi selama hampir 15 tahun, Spurs tersingkir di putaran kelima Piala FA dalam empat dari lima musim terakhir. Dalam dua tahun terbaru, The Lilywhites bahkan dieliminasi tim-tim Divisi Championship.

“Terkadang saya merasa kita berbicara terlalu banyak tentang trofi dan hanya sedikit yang membahas soal mentalitas,” kata Stellini.

Sementara, Pelatih AC Milan Stefano Pioli meminta anak asuhnya tidak larut dalam kekecewaan usai dibekuk Fiorentina. Piolo meminta anak asuhnya fokus menghadapi tim asal Inggris, Tottenham Hotspur.

Rossoneri tidak punya banyak waktu meratapi kekalahan ini. Pasalnya, Rossoneri akan memainkan laga krusial di tengah pekan nanti saat mereka berhadapan dengan Tottenham Hotspur di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Pioli menjanjikan timnya bakal tampil beda di laga ini.

“Pertandingan ini vs Tottenham akan jadi pertandingan yang berbeda,” ujarr Pioli kepada Sky Sports Italia.

Baca juga : Liga Champions, Man City Dapat 1 Poin Di Jerman

Pioli mengakui, kekalahan melawan Fiorentina meninggalkan rasa getir bagi timnya. Namun, dia memastikan kekalahan ini tidak akan menyurutkan semangar Rossoneri saat melawan Tottenham Hotspur nanti.

“Pertandingan itu (vs Tottenham) adalah pertandingan fase gugur. Dan performa kami malam ini tidak akan mempengaruhi permainan di laga tersebut,” lanjut Pioli.

Seperti halnya Tottenham menelan dua kekalahan beruntun, kekalahan itu tidak akan mempengaruhi mereka. “Laga ini punya arti yang sama pentingnya bagi kedua tim dan kami akan menampilkan permainan terbaik kami di laga ini,” jelas Pioli.

Pioli juga akan menyiapkan taktik baru saat menghadapi Tottenham Hotspur. Menurutnya, The Lillywhites besutan Antonio Conte tidak bisa dihadapi dengan taktik yang dia gunakan melawan Fiorentina.

“Saya sudah memiliki gambaran kasar seperti apa kami akan bermain dan siapa saja yang akan tampil nanti. Ini akan jadi pertandingan yang sangat berbeda, karena Tottenham punya gaya bermain berbeda ketimbang Fiorentina," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.