Dark/Light Mode

Belum 7 Bulan Jadi Pelatih Chelsea, Graham Potter Dipecat

Senin, 3 April 2023 07:10 WIB
Graham Potter akhirnya didepak Chelsea, karena tak mampu mengangkat performa The Blues. (Foto: Instagram)
Graham Potter akhirnya didepak Chelsea, karena tak mampu mengangkat performa The Blues. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belum tujuh bulan menjabat, Graham Potter sudah dicopot dari tampuk kepelatihan Chelsea. Menyusul kekalahan kandang atas Aston Villa 0-2.

Ini adalah kekalahan ke-11 Potter, dari total 38 laga yang diarsitekinya, setelah menggantikan Thomas Tuchel pada September 2022.

Deretan kekalahan itu menjerumuskan Chelsea ke peringkat 11 klasemen, dengan 12 poin. Sangat mengenaskan. Mengingat The Blues telah merogoh kocek 550 juta poundsterling atau Rp 10,14 triliun untuk membeli pemain baru di musim ini.

Chelsea menyebut, Potter setuju pisah baik-baik. Dia mau berkolaborasi dengan klub, untuk memfasilitasi masa transisi yang mulus.

Baca juga : Bella Hadid, Puasa Beri Kedamaian

Bruno Saltor, yang pernah bekerja sama dengan Potter di Brighton, akan menjabat pelatih kepala sementara.

"Kami sangat menghormati Graham sebagai pelatih dan sebagai pribadi," kata co-controlling owners, Todd Boehly dan Behdad Eghbali seperti dikutip BBC, Minggu (2/4).

"Kami sebetulnya berat mengambil keputusan ini. Karena dia selalu bersikap profesional dan berintegritas," imbuh pernyataan tersebut.

Selasa (3/4) besok, Chelsea akan menjamu Liverpool di Liga Premier, dan menghadapi Real Madrid di leg pertama perempat final Liga Champions pada 12 April mendatang.

Baca juga : Bamsoet Serahkan Hadiah Sepeda Motor ke Wartawan

Saat ini, ada 13 perubahan manajerial di Liga Premier. Melebihi musim sebelumnya.

Asal tahu saja, pekan lalu, Leicester juga telah memecat pelatih Brendan Rodgers.

Selama menukangi Chelsea, Potter memenangkan 12 dari 31 pertandingan. Dia hanya mampu mendulang 1,27 poin per pertandingan di Liga Premier.

Ini adalah poin gabungan terendah dari manajer mana pun, yang memimpin 20 pertandingan atau lebih untuk Chelsea di Liga Premier. Sama dengan Glen Hoddle.

Baca juga : Peluang Garuda Kerek Ranking Di Depan Mata

Potter menggantikan Tuchel, yang memenangkan tiga trofi dalam 20 bulan di Stamford Bridge, pada 9 September 2022. Dengan lima tahun masa kontrak.

Kala itu, The Blues berada di urutan keenam di papan atas, setelah musim panas yang menghabiskan 255 juta poundsterling atau setara Rp 4,69 triliun untuk transfer pemain. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.