Dark/Light Mode

MotoGP Amerika 2023

Si Iblis Bangkit Lagi

Selasa, 18 April 2023 07:00 WIB
Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP).
Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo bangkit lagi. El Diablo atau Si Iblis --julukan Quartararo-- kembali bisa naik podium di MotoGP Amerika 2023.

El Diablo berjuang keras untuk bangkit dari awal musim hingga akhirnya berdiri di podium Grand Prix Amerika di Circuit of the Americas, Austin, Senin, (17/4).

“Itu adalah balapan sangat sulit. Saya harus berjuang keras di lap pertama karena podium tidak akan mungkin terjadi jika saya kehilangan posisi di tahap awal. Saya sangat senang kar­ena kembali setelah beberapa balapan yang sangatn sulit,” kata Quartararo dalam keterangan resmi.

Baca juga : Rune-Rublev Saling Cakar Di Laga Final

Adapun Quartararo bangkit kembali dari balapan Sprint yang dinilai mengecewakan. El Diablo berusaha meningkatkan penampilannya, terutama set­elah pesaing terbesar musim ini, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) tersingkir dari bala­pan.

Ia pun berusaha menekan Jack Miller (KTM) dan akhirnya meraih podiumnya di tahun ini, tepat di belakang Alex Rins (LCRHonda) dan Luca Marini (Mooney VR46). Quartararo terpaut 4,936 detik dari sang pemimpin balapan.

Pebalap Prancis itu menga­takan balapan yang menantang itu tak lepas dari kerja keras tim yang terus berusaha menyem­purnakan sisi teknis dari motor yang ia tunggangi. “Tim bekerja sangat keras, dan mereka beru­saha membuat saya tetap tenang. Itu bukan pekerjaan mudah. Senang rasanya bisa kembali ke performa baik. Mudah-mudahan lebih banyak kemenangan akan datang,” ujar Quartararo.

Baca juga : The Djoker Angkat Koper

Hasil GP Amerika ini pun membuat Quartararo naik ke posisi 7 di klasemen keseluruhan dengan 34 poin. Rekan satu tim­nya, Franco Morbidelli berada di posisi ke-10 dengan 29 poin.

Lebih lanjut, tim Monster Energy Yamaha MotoGP naik ke posisi keempat di klasemen beregu dengan 63 poin, dan Yamaha di posisi kelima di klasemen konstruktor dengan 43 poin.

“Kami mendapat podium pertama kami musim ini. Fabio selalu memberi 100 persen, tapi hari ini dia memberi 10 persen lebih banyak. Ia bala­pan dengan cerdas, agresif di awal dan cerdik menjelang akhir. Kami senang melihatnya kem­bali naik ke atasn podium,” kata Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli.

Baca juga : Absen Lagi, Marquez Pusing Gegara Cedera

“Franco Morbidelli juga mem­buat langkah bagus dibanding­kan kemarin. Meskipun masih ada area yang harus diperbaiki. Dia mampu memulihkan posisi di lap pertama dan menyelesai­kan balapan dengan poin yang solid,” imbuhnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.