Dark/Light Mode

Hidayat Tak Ingin Atlet DKI Asal Lolos Di Babak Kualifikasi PON 2024

Selasa, 2 Mei 2023 20:47 WIB
Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Hidayat Humaid memberikan keterangan epada awak media di acara media gathering di Gedung KONI DKI, Selasa (2/5).
Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Hidayat Humaid memberikan keterangan epada awak media di acara media gathering di Gedung KONI DKI, Selasa (2/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - KONI Provinsi DKI Jakarta siap menghadapi pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024. 

Organisasi olahraga yang dipimpin Hidayat Humaid ini tengah fokus untuk meloloskan atletnya sebanyak mungkin dengan peringkat tinggi serta menyiapkan Sport Intelijen.

Hal itu disampaikan Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Hidayat Humaid kepada awak media dalam acara media gathering di Gedung KONI DKI, Selasa (2/5).

“Kita tidak ingin asal lolos, tapi harus peringkat tinggi. Dengan begitu  program-program dari cabang olahraga bisa terlaksana dengan baik,” ujar Hidayat yang didampingi Wakil Ketua I Gde Sardjana dan Wakil Ketua III Fatchul Anas itu.

Baca juga : Hidayat Doakan Atlet Cricket DKI Berprestasi di SEA Games Kamboja

Di sisi lain, KONI DKI akan memberikan batasan kepada atlet yang akan berlaga di PON 2024, khusus untuk nomor tim atau beregu yang akan diberangkatkan adalah yang lolos dan berada di peringkat empat.

“Meski lolos kualifikasi. Namun berada di peringkat lima atau enam, kami tidak akan berangkatkan. Terkecuali, atlet di nomor individu itu pun usianya masih muda. Tapi jika usianya sudah mentok terpaksa kami tidak berangkatkan,” tegas Hidayat.

Dikatakan, Pelaksanaan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON 2024 telah dimulai sejak 2022 lalu, khususnya untuk cabang olahraga individu, dan di tahun ini cabang olahraga beregu telah menggelar pelatda sebanyak 65 cabang olahraga.

“Pelaksanaan Pelatda seluruhnya sudah berjalan. Beberapa cabang ada yang menggunakan pelatih asing atau menggelar latihan di luar negeri, serta try out di dalam maupun di luar negeri sudah kami programkan,” ungkap Hidayat.

Baca juga : Hadapi Jabar, Tim Squash DKI Bidik Dua Emas Di PON 2024

Ia juga memaparkan, pada ajang SEA Games Kamboja 2023 tercatat sekitar 129 atlet berasal dari DKI Jakarta. 

“Tahun ini kami memiliki jadwal yang padat. SEA Games Kamboja dan Pra Kualifikasi PON 2024. Tapi, kami berharap agar para atlet tetap fokus,”pintahnya.

Aktifkan Sport Intelijen 

Wakil Ketua Umum III KONI DKI Jakarta, yang membawahi bidang Humas dan IT, Fatchul Anas menambahkan, pihaknya akan melibatkan media Ibu Kota sebagai sport intelijen memantau persuapan daerah lain jelang PON 2024 mendatang. 

Baca juga : Tim Squash DKI Mantapkan Kekompakan Hadapi PON 2024

“Kami juga telah mempunyai tagline untuk kontingen DKI Jakarta, yakni ‘Jakarta Datang, Jakarta Menang’,” tandasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.